Bus Terguling di Yogyakarta akibat Menghindari Balap Liar Motor

Kompas.com - 14/02/2022, 07:02 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com - Bus PO Maju Lancar terperosok masuk pekarangan warga dan terguling di Jalan Nglipar-Ngawen, Gunungkidul, DI Yogyakarta, Minggu (13/2/2022).

Bus tersebut diketahui berusaha menghindari aksi balap liar motor yang dilakukan oleh dua orang remaja. Nahas, bus itu malah terperosok hingga terguling.

Dikutip dari Korlantas Polri, Minggu (13/2/2022), sopir bus bernama Bowo mengatakan, ketika melewati turunan Wotgalih, di jalan menikung tiba-tiba ada dua orang remaja muncul dari arah berlawanan menggunakan sepeda motor.

Baca juga: Pemilik Truk ODOL yang Bikin Jalan Rusak, Bisa Dituntut Ganti Rugi

Mereka melaju dengan kecepatan tinggi serta ugal-ugalan. Salah satu remaja tersebut masuk ke jalur bus sehingga membuat sang sopir kaget.

“Saya akhirnya berusaha menghindari agar tidak menabrak. Setir saya banting ke kanan,” kata Bowo.

Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) Jusri Pulubuhu mengatakan, balap liar di jalan raya apalagi jika jalanan tersebut ramai oleh kendaraan lain adalah tindakan berbahaya.

Kawasaki Ninja RR Mono dites kemampuannya di lintasan drag race.Otomania-Donny Apriliananda Kawasaki Ninja RR Mono dites kemampuannya di lintasan drag race.

“Kalau memang hobi lakukan di tempat tertutup seperti sirkuit. Jangan di ruang publik dan jalan raya,” ucap Jusri belum lama ini kepada Kompas.com.

Jusri menambahkan, dari sisi keselamatan, ini adalah sebuah perilaku tidak aman, bodoh, dan tidak bertanggung jawab. Sebab, membahayakan diri sendiri serta dapat merusak tatanan hidup keluarga mereka dan orang lain.

“Harus ada tindakan hukum yang keras agar kejadian ini tidak terulang. Hal ini melibatkan banyak pihak, tidak cuma penegak hukum atau polisi aja,” katanya.

Baca juga: Ingat Tekanan Udara Ban Standar Mobil, Lihat Stiker Keterangannya

Adapun balap liar di jalan raya merupakan hal ilegal. Hal itu tertuang di dalam Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (UU LLAJ).

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.