Pemilik Truk ODOL yang Bikin Jalan Rusak, Bisa Dituntut Ganti Rugi

Kompas.com - 13/02/2022, 15:41 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Praktik truk Over Dimension dan Over Loading (ODOL) bisa dibilang sangat marak di Indonesia. Truk ini bisa dilihat dari barang yang diangkut kelewat berat dan dimensinya lebih besar dari yang diizinkan.

Praktik ini juga tetap dilakukan demi persaingan pasar untuk memuat beban yang lebih besar. Namun di balik truk yang bisa memuat barang lebih berat, ada berbagai kerugian yang bisa dialami perusahaan truk.

Seperti diketahui, pelanggar muatan dan dimensi berlebih atau truk ODOL di jalan berdampak terhadap rusaknya infrastruktur jalan dan jembatan, serta fasilitas pelabuhan penyeberangan.

Baca juga: Harga BBM Pertamina Naik, Komparasi Harga dengan Shell dan BP

Uji coba penimbangan truk dengan perangkat Weigh In Motion di Jembatan Timbang Kulwaru, Kulon Progo, Rabu (26/1/2022)Ditjen Hubdat Kemenhub RI Uji coba penimbangan truk dengan perangkat Weigh In Motion di Jembatan Timbang Kulwaru, Kulon Progo, Rabu (26/1/2022)

Hal ini berdampak pada kinerja keselamatan dan kelancaran lalu lintas yang menurun, biaya operasi kendaraan meningkat dan pada akhirnya akan berdampak terhadap kelancaran distribusi logistik nasional.

Ande Akhmad Sanusi, Kepala Bagian Hukum dan Komunikasi Publik Ditjen Bina Marga, mengatakan, pemilik truk ODOL pada dasarnya bisa dituntut untuk mengganti rugi atas kerusakan fasilitas umum, seperti jalan, rambu, pembatas jalan, lampu lalu lintas, dan sebagainya.

“Jadi misalnya ada truk ODOL, dia membuat jembatan ambruk, gara-gara ODOL lewat. Kan secara aturan dia cuma pidana, terus sanksinya hanya beberapa juta rupiah. Sedangkan ini kan aset negara yang hancur, jalan sekian miliar rupiah,” ujar Ande, kepada Kompas.com (11/2/2022).

Baca juga: Quartararo Sebut Sirkuit Mandalika Seperti Lintasan Motorcross

Kondisi jalan rusak dan berlubang di Jalan Kaliabang Tengah, Perwira, Bekasi Utara, Jum'at (26/1/2022). Salah satu jalan yang menghubungkan antara Kota dan Kabupaten Bekasi ini sering kali membuat lalu lintas terhambat dan menjadi ancaman para pengendara terutama kendaraan roda dua. Joy Andre T Kondisi jalan rusak dan berlubang di Jalan Kaliabang Tengah, Perwira, Bekasi Utara, Jum'at (26/1/2022). Salah satu jalan yang menghubungkan antara Kota dan Kabupaten Bekasi ini sering kali membuat lalu lintas terhambat dan menjadi ancaman para pengendara terutama kendaraan roda dua.

“Sehingga kalau perusahaan pemilik truk ODOL tidak mau memperbaiki jalan itu, kami akan pakai jalur hukum untuk tuntut,” kata dia.

Ia juga menambahkan, apabila sebuah perusahaan telah dituntut untuk mengganti rugi, dan semua pihak mendorong agar truk ODOL harus ditindak. Maka penggantian ganti rugi sebetulnya bisa meringankan beban pidananya.

“Merusak jalan itu kan aset, ada nilainya. Kami enggak bisa minta dia langsung ganti. Tapi pidana itu kan sebagai hukuman, karena dia sudah merusak. Sekarang pilihannya kan bisa pidana atau denda,” ucap Ande.

“Jadi ada dua domain, pertama domain undang-undang jalan dan domain LLAJ. Itu yang paling dekat. Kemudian, kita juga bisa mengejar dengan undang-undang terkait barang milik negara. Jadi kalau barang milik negara dirusak, kita bisa tuntut untuk ganti rugi,” tutur dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.