Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toyota Siapkan Paten Transmisi Manual buat Mobil Listrik

Kompas.com - 13/02/2022, 18:11 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Hampir seluruh mobil listrik saat ini mengusung transmisi otomatis tanpa gigi yang terasa membosankan. Tak heran sejumlah pabrikan mulai bereksperimen menciptakan sistem perpindahan transmisi dengan girboks, khususnya transmisi manual buat mobil listrik.

Tercatat, hanya ada dua mobil listrik yang pernah mengusung transmisi manual, yakni Porsche Taycan dan Audi E-Tron. Namun keduanya tidak pernah benar-benar diproduksi.

Dilansir dari laman Inside EV (13/2/2022), Toyota sedan menjajaki kemungkinan tersebut, dengan manciptakan paten transmisi manual buat mobil listrik.

Baca juga: Quartararo Sebut Sirkuit Mandalika Seperti Lintasan Motorcross

Toyota tampak ingin menawarkan solusi buat Anda yang ingin merasakan sensasi berkendara mobil dengan mesin bakar internal, namun dengan kehematan setara mobil listrik.

Berdasarkan gambar paten yang beredar, rencana Toyota tampaknya tidak begitu rumit. Prinsip kerja sistem ini bergantung pengontrol khusus yang mengubah torsi motor listrik agar terlihat seperti mobil bermesin bakar internal.

Menariknya, terdapat pedal kopling palsu yang disebut sebagai ‘pseudo-shiftter’ atau ‘pseudo clutch pedal’.

Baca juga: Harga Bekas Honda Civic Genio Bekas Mulai Rp 40 Jutaan

Mobil listrik Lexus UX 300e saat melakukan pengisian daya di SPKLU.KOMPAS.com/GILANG SATRIA Mobil listrik Lexus UX 300e saat melakukan pengisian daya di SPKLU.

Dengan munculnya transmisi manual pada mobil listrik, diharapkan sensasi sporty pada sebuah mobil tak hilang pada kendaraan masa depan.

Apalagi Presiden Toyota Akio Toyota, merupakan seorang pengemudi antusias. Ia juga berjanji bakal meluncurkan model yang lebih menarik pada masa mendatang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com