Kiprok Motor Rusak, Bisa Merembet ke Komponen Lain

Kompas.com - 13/02/2022, 18:21 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam sistem kelistrikan sepeda motor, kiprok atau Rectifier Regulator punya peran penting dan berhubungan erat dengan aki.

Perangkat ini berfungsi untuk mengubah arus (rectifier) listrik bolak-balik (AC/Alternating Current) menjadi arus listrik searah (DC/Direct Current). Tugas utamanya, yakni menyuplai arus listrik untuk mengisi aki motor.

Dengan kata lain, sistem kelistrikan pada sepeda motor bergantung erat pada komponen ini. Jika kiprok mengalami gangguan, maka komponen kelistrikan lainnya akan ikut rusak atau daya aki akan ngedrop.

Baca juga: Harga BBM Pertamina Naik, Komparasi Harga dengan Shell dan BP

Kiprok sepeda motor injeksi.Ghulam/Otomania Kiprok sepeda motor injeksi.

"Kiprok rusak itu ada dua macam, pertama kiprok rusak menyebabkan tegangan yang keluar dari kiprok naik di atas tegangan standarnya, maka akan merusak komponen kelistrikan lainnya," kata Dwi Suwanto, Instruktur Service PT Surya Timur Sakti Jatim Yamaha, kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Sedangkan untuk jenis kerusakan kedua, yakni tegangan yang keluar dari kiprok turun dari tegangan standarnya, maka akan menyebabkan daya aki motor drop.

Dalam kesempatan berbeda, Technical Service Division PT Astra Honda Motor (AHM) Endro Sutarno juga menyebutkan hal serupa. Ia mengatakan, kiprok rusak dan aki motor tidak mendapat suplai daya, maka aki bisa soak dan motor sulit dinyalakan.

"Kiprok rusak dapat mengakibatkan baterai tidak mendapatkan pengisian, sehingga baterai yang tadinya bagus lama-lama akan cepat soak. Kalau dibiarkan terus ya motor bisa mogok karena tidak mendapat sumber listrik untuk menghidupkan mesin," kata Endro.

Baca juga: 2 Bus Baru PO MJPM, Pakai Sasis Mercy dengan Bagasi Tembus

Ilustrasi aki motorIstimewa Ilustrasi aki motor

Jika kiprok memang betul sudah rusak, segera perbaiki atau menggantinya dengan yang baru. Terlebih untuk motor skutik modern di mana teknologi yang digunakan lebih modern dan canggih dibanding motor kopling.

"Untuk penggantian kiprok pada motor sekarang cukup mahal, karena kiprok jadi satu sama ECM (Engine Control Module). Itu untuk motor matik, kalau yang motor sport masih terpisah," ucap Endro.

Demi mencegah kerusakan pada kiprok, pastikan untuk rutin mengecek kondisi aki. Umumnya aki memiliki usia pakai sekitar dua tahun. Jika aki sudah soak, jangan dipaksakan untuk terus digunakan. Sebab bakal merusak kiprok dan komponen lainnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.