Tak Semua Varian Avanza Dapat Insentif PPnBM, Peluang buat Xenia

Kompas.com - 09/02/2022, 14:08 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com - Pemberian Pajak Penjualan atas Barang Mewah Ditanggung Pemerintah (PPnBM -DTP untuk kendaraan bermotor berkapasitas sampai 1.500 cc pada tahun 2022 lebih selektif dibandingkan tahun sebelumnya.

Pada aturan PMK Nomor 5/PMK.010/2022 disebut bahwa insentif hanyalah untuk mobil berjenis Low Cost Green Car (LCGC) dengan harga maksimal Rp 200 juta on the road.

Serta, seluruh model dengan banderol maksimal 250 juta on the road. Tapi, semua model wajib memenuhi syarat local purchase 80 persen.

Dengan begitu, tidak semua produk kendaraan keluarga mendapat diskon PPnBM. Termasuk di dalamnya, mobil sejuta umat Toyota Avanza.

Baca juga: Ini Daftar Mobil yang Dapat Diskon PPnBM 2022

Kondisi ini tentu berpeluang menjadi keuntungan dari segi penjualan bagi saudara kembar Toyota Avanza, yakni Daihatsu Xenia.

Pasalnya, jika mengacu pada aturan tersebut, produk Toyota Avanza yang mendapat insentif PPnBM hanya 1.3 E MT dan 1.3 E CVT.

Sedangkan untuk Daihatsu Xenia terdapat lebih banyak produk yang dapat insentif PPnBM, seperti 1.3 M MT, 1.3 X CVT, 1.3 R MT, 1.3 R MT ADS, 1.3 R MT SC, 1.3 R MT SC ADS, 1.3 R CVT, 1.3 R CVT SC, 1.5 R MT dan 1.5 R MT SC.

Daihatsu All New XeniaKOMPAS.com/Adityo Wisnu Daihatsu All New Xenia

Menanggapi adanya peluang tersebut, Hendrayadi Lastiyoso, Marketing & CR Division Head PT Astra International-Daihatsu Sales Operation, masih enggan berkomentar lebih jauh.

Hal ini karena pihaknya masih menunggu petunjuk teknis dari Kemenperin yang akan menentukan model dan tipe apa saja yg bisa mendapatkan relaksasi PPnBM.

“Untuk itu saat ini saya masih blm bisa memberi tanggapan terlebih dahulu hingga juklak dan juknis detailnya keluar,” ucap Hendrayadi saat dihubungi Kompas.com, Rabu (9/2/2022).

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.