Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Catat, Ini Aturan Nonton Langsung MotoGP Mandalika 2022

Kompas.com - 08/02/2022, 10:12 WIB
Ruly Kurniawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Penyelenggaraan tes pramusim atau official pre-season test Mandalika MotoGP resmi dihelat pada 11-13 Februari 2022, untuk kemudian balap resminya pada 18-20 Maret 2022.

Saat ini, para pebalap seperti Marc Marquez dari Respol Honda, Fabio Quartararo dari Monster Energy Yamaha, Joan Mir dari tim Suzuki Ecstar, sampai Jack Miller dari Ducati Lenovo Team sudah sampai Indonesia.

Bagi masyarakat yang ingin menonton langsung ajang tersebut, terdapat aturan yang harus dipatuhi. Kebijakan tersebut sudah dirilis oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian.

Baca juga: MotoGP Mandalika, Korlantas Siapkan Pengamanan Lalu Lintas

Jelang MotoGP 2022, ITDC Perbaiki Saluran Drainase Sirkuit Mandalika DOK. ITDC Jelang MotoGP 2022, ITDC Perbaiki Saluran Drainase Sirkuit Mandalika

Yaitu, tertuang dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) 8/2022 terkait pencegahan dan penanggulangan Covid-19 saat penyelenggaraan Mandalika MotoGP di Pertamina Mandalika International Street Circuit Lombok, NTB, Indonesia.

Safrizal ZA, Dirjen Bina Administrasi Kewilayahan Kementerian Dalam Negeri, mengatakan, Inmendagri itu mengatur protokol kesehatan yang harus diterapkan pebalap hingga kru MotoGP.

“Dalam pengaturan Inmendagri yang berlaku hingga 21 Maret 2022, terdapat beberapa penekanan, yaitu pembatasan jumlah penonton paling banyak 100.000 orang dengan kapasitas paling banyak 10 persen untuk kelas festival,” ujar Safrizal, dilansir dari Antara (6/2/2022).

Khusus penonton, lanjut dia, wajib melakukan vaksinasi dosis kedua dan membawa hasil negatif PCR swab test H-1. Lalu akan dilakukan screening dengan menggunakan aplikasi PeduliLindungi.

Baca juga: Kemenparekraf Tunjuk Gresini Racing Jadi Duta Indonesia di MotoGP

Penumpang di Bandara Lombok mengalami peningkatan, selama pelaksanaan event World Superbike di Sirkuit Mandalika, Lombok.Dok. Humas Bandara Lombok Penumpang di Bandara Lombok mengalami peningkatan, selama pelaksanaan event World Superbike di Sirkuit Mandalika, Lombok.

Sementara itu, penonton dari Pulau Lombok akan dilakukan pengecekkan kesehatan dengan menunjukkan sertifikat vaksin dan hasil negatif PCR 2x24 jam atau tes antigen 1x24 jam.

Menurut Safrizal, kewajiban PCR dan vaksin dosis kedua tersebut tidak hanya diwajibkan untuk penonton saja, tetapi juga pada seluruh pebalap, kru, dan ofisial.

Mereka wajib telah mendapatkan vaksinasi dua kali dan wajib membawa hasil PCR swab test negatif sebelum kedatangan (H-1) dan melakukan PCR swab test pada saat mereka tiba di Lombok.

Hal tersebut dilakukan sebagai bentuk pencegahan dan pengendalian yang harus dilakukan oleh seluruh pihak, agar event internasional ini dapat berlangsung dengan baik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com