Kompas.com - 08/02/2022, 09:22 WIB

Quartararo Tidak Puas Dengan Yamaha di Sesi Tes Pra-Musim

JAKARTA, KOMPAS.com - Pada akhir musim lalu, Fabio Quartararo sudah menekankan pada Yamaha untuk meningkatkan top speed YZR-M1. Sayangnya, permintaannya itu tidak dipenuhi.

Selain itu, menurutnya, peningkatan Yamaha kurang jauh jika dibandingkan dengan pabrikan lain, seperti Aprilia, Honda, dan Suzuki. Ketiga pabrikan tersebut berhasil melakukan langkah besar pada pengetesan ini.

Quartararo mengomentari performa Aprilia dengan kedua pebalapnya yang sangat kencang. Terlepas dari Aprilia yang mengikuti Shakedown Test, tapi motornya bekerja dengan baik.

Baca juga: Jajal Mesin Baru, Quartararo Keluhkan Top Speed M1 2022

"Jika Anda mengecek top speed, itu superkencang. Saya di belakang Aleix (Espargaro) selama setengah lap dan di tikungan luar biasa. Saya terkejut oleh mereka. Bagi saya, Aprilia, Honda, dan Suzuki, membuat langkah yang besar," ujar Quartararo, dikutip dari Crash.net, Senin (7/2/2022).

Fabio Quartararo saat sesi tes pra-musim MotoGP 2022 di Sirkuit Sepang, Malaysia. (Photo by Ahmad Fadali / AFP)AHMAD FADALI Fabio Quartararo saat sesi tes pra-musim MotoGP 2022 di Sirkuit Sepang, Malaysia. (Photo by Ahmad Fadali / AFP)

Quartararo menambahkan, Ducati memang dari awal sudah sangat kencang sejak akhir musim lalu. Namun, ketiga pabrikan tersebut justru yang membuatkan takjub.

"Sejujurnya, saya tidak berpikir kami membuat langkah seperti itu, sejauh ini. Tapi, itu tidak berarti kami tidak kompetitif. Ini hanya berarti yang lain membuat langkah yang lebih besar dari kami," kata Quartararo.

Pebalap asal Perancis tersebut menjelaskan, dirinya masih kesulitan di beberapa area. Dia sendiri kaget ketika mengalami kesulitan saat menggunakan ban baru, di mana biasanya dia bisa meningkatkan catatan waktunya lebih tajam.

Baca juga: Quartararo Cuma Tuntut Yamaha Tingkatkan Top Speed YZR-M1

Bicara soal top speed, Quartararo hanya berada di urutan ke-18 dengan 327,2 kilometer per jam. Selisihnya dengan Johann Zarco yang tembus 335,4 kilometer per jam adalah 8,2 kilometer per jam.

Fabio Quartararo saat sesi tes pra-musim MotoGP 2022 di Sirkuit Sepang, Malaysia. (Photo by Ahmad Fadali / AFP)AHMAD FADALI Fabio Quartararo saat sesi tes pra-musim MotoGP 2022 di Sirkuit Sepang, Malaysia. (Photo by Ahmad Fadali / AFP)

Selain masalah top speed yang belum terselesaikan, Quartararo juga tidak puas dengan pekerjaan lainnya di sesi tes pra-musim ini. Juara dunia MotoGP 2021 itu juga mengetes sasis baru dan juga geometri motor.

"Sejujurnya, saya berharap lebih dari tes ini. Tapi, seperti inilah. Kita lihat saja. Di Mandalika, kami bisa mencoba hal yang kurang lebih sama seperti sekarang. Hanya saja, trek yang berbeda. Lihat saja apakah di sana kita bisa lebih positif," ujar Quartararo.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.