MotoGP Mandalika, Korlantas Siapkan Pengamanan Lalu Lintas

Kompas.com - 07/02/2022, 11:31 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepala Korps Lalu Lintas Polri Irjen Pol Firman Shantyabudi, memastikan siap memberikan pengawalan keamanan ajang balap MotoGP Mandalika yang bakal berlangsung pada 18 sampai 20 Maret 2022.

"Kita ingin memastikan semua segala sesuatu persiapan mulai dari titik keberangkatan dari bandara, perjalanan sampai ke bandara. Karena pengaturan di lokasi itu bisa betul-betul disiapkan," ujar Firman, dilansir dari laman resmi Korlantas Polri, Minggu (6/2/2022).

Menurut Firman, Korlantas Polri juga akan berkoordinasi dengan Polda Nusa Tenggara Barat (NTB) yang dilanjutkan dengan pihak penyelanggara MotoGP 2022 untuk ikut memberikan masukan.

Baca juga: Aturan Baru Gelaran MotoGP, Kapasitas Penonton Dibatasi Hanya 100.000 Orang

Tak hanya itu, jajaran Korlantas juga akan melakukan sosialisasi kepada masyarakat sekitar soal adanya skema arus lalu lintas. Kondisi tersebut dilakukan agar ajang MotoGP bisa berjalan lancar.

Kepala Korps Lalu Lintas Polri Irjen Pol Firman ShantyabudiNTMC Kepala Korps Lalu Lintas Polri Irjen Pol Firman Shantyabudi

"Tadi kita sudah mendengar masukan baik dari pihak penyelenggara di sini, nanti kita lanjutkan rapat di Mapolda dan arahan untuk anggota. Kita ketahui bahwa sirkuit ini juga masih ada berada di sekitar lingkungan warga masyarakat yang tentunya dibutuhkan satu perlakuan yang berbeda pada saat event itu berlangsung, karena masyarakat harus diberitahu," ucap Firman.

Lebih lanjut, Firman menegaskan  kedua hal pokok tersebut menjadi konsentrasi utama yang dianggap sangat penting. Karenanya, diminta untuk segera dilakukan, baik internal petugas, panitia, dan masyarakat.

Sebelumnya, untuk mencegah penyebaran Covid-19 yang kini jumlahnya kembali naik, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian juga sudah mengeluarkan regulasi baru berupa Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) No.8 Tahun 2022.

Adapun aturan tersebut dibuat terkait langkah pencehagan dan penanggulangan Covid-19 pada gelarang balap internasional di Mandalika, yang efektif berlaku mulai dari saat Offical Pre-Seaseon Test pada 11-13 Februari, dan pelaksanaan balap MotoGP.

Baca juga: Lebih Ekstrem dari Sitinjau Lauik, Detik-detik Bus AKAP Lewati Likuan Endikat

Pada aturan tersebut dijelaskan soal pembatasan kapasitas penonton MotoGP Mandalika yang hanya diperbolehkan sebanuak 100.000 orang.

Tiket Motogp Mandalika 2022 bisa dibeli lewat MyPertaminaDOK. PERTAMINA Tiket Motogp Mandalika 2022 bisa dibeli lewat MyPertamina

 

Dirjen Bina Administasi Kewilayahan Kemendagri Safrizal menjelaskan, pengaturan dilakukan agar bisa mengendalikan sebaran virus Covid-19, baik sebalum, saat, dan setelah acara selesai.

"Pembatasan jumlah penonton paling banyak 100.000 orang, dengan kapasitas paling banyak 10 persen untuk kelas festival," kata Safrizal.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.