Kompas.com - 07/02/2022, 18:01 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Toyota GR Yaris merupakan salah satu mobil menarik yang hadir di Tanah Air pada pertengahan tahun lalu. Sebab, produk tersebut sangat spesial, menggunakan spesifikasi World Rally Championship (WRC).

Artinya, mobil dikembangkan langsung oleh divisi sport dari Toyota Gazoo Racing. Untuk membuat kendaraan berperforma tinggi ini bisa digunakan di jalan raya, tim berkerja sama dengan pebalap WRC Tommi Mäkinen.

Setelah membahas bagian eksterior dan interior mobil, aspek menarik di mobil yang kerap jadi perhatian ialah fiturnya. Terkhusus, yang berkaitan dengan meningkatkan performa.

Baca juga: Bahas Eksterior Toyota Yaris GR Spesifikasi WRC

Logo WRC di interior Toyota GR YarisKOMPAS.com/Ruly Logo WRC di interior Toyota GR Yaris

Bila dilihat secara sekilas, memang GR Yaris tidak memiliki fitur hiburan yang melimpah sebagaimana kendaraan konvensional sejenisnya. Contoh kecil, USB port dan cup holder begitu terbatas di mobil.

Tapi bicara fitur keselamatan, jangan diragukan lagi. Mobil sudah disemat Pre-Colission System (PCS), Dynamic Radar Cruise Control (DRCC), Lane Tracing Assist (LTA), dan Automatic High Beam (AHB).

Lebih rinci, apabila melihat layar di balik setir kemudi (speedometer dan takometer) mobil, begitu menarik perhatian dengan nuansa sporty. Logo GR di samping kiri bawah speedometer juga memastikan mobil memiliki performa luar biasa.

Untuk Multi Information Displaynya sendiri selayaknya Toyota modern, ia dapat mengukur konsumsi BBM rata-rata, realtime, trip meter, suhu luar mobil serta tentunya memberi informasi seputar Toyota Safety Sense.

Baca juga: Kupas Interior Toyota Yaris GR Spesifikasi WRC

Toyota GR Yaris kalahkan catatan waktu Nissan GT-R Nismo di Sirkuit Tsukuba, JepangDok. Timeattack.co.jp Toyota GR Yaris kalahkan catatan waktu Nissan GT-R Nismo di Sirkuit Tsukuba, Jepang

Kemudian, mobil juga sudah dilengkapi fitur keselamatan Toyota Safety Sense (TSS) meliputi Radar Cruise Control yang berfungsi memantau kendaraan di depan, Lane Tracing Assist (LTA) yang bekerja sama dengan RCC memantau kendaraan di samping.

Juga ada Automatic high Beam (AHB) yang fungsinya mengontrol lampu depan agar tak menyilaukan pengendara lain. Tidak sampai di sana, ada pula Road Sign Assist (RSA) dan Secondary Collision Brake yang berguna untuk mengontrol pedal rem dan lampu rem belakang setelah ECU membaca Airbag telah mengembang dan terjadi kecelakaan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.