Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bos Yamaha Ungkap Rahasia Quartararo Musim 2021

Kompas.com - 10/12/2021, 07:42 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JEREZ, KOMPAS.com - Setelah gagal meraih gelar juara dunia MotoGP 2020, pebalap Monster energy Yamaha Fabio Quartararo akhirnya merebut gelar tersebut pada musim 2021.

Takahiro Sumi, Project Leader Yamaha, mengatakan, rahasia Quartararo akhirnya berhasil menjadi juara musim 2021 karena punya "feeling" yang bagus sebelum balapan.

Baca juga: Microbus Hino Flexicab Bisa Disulap Jadi Mobil VVIP sampai Ambulans

Fabio Quartararo saat berlaga pada MotoGP Emilia Romagna 2021. (Photo by Andreas SOLARO / AFP)ANDREAS SOLARO Fabio Quartararo saat berlaga pada MotoGP Emilia Romagna 2021. (Photo by Andreas SOLARO / AFP)

"Fabio adalah pebalap yang ingin mendorong dirinya sendiri di luar batas. Rahasianya adalah perasaan. Ketika dia memiliki perasaan yang baik, dia bisa mencapai batasnya, tetapi dia tidak bisa melakukannya ketika dia tidak memiliki perasaan yang baik," katanya mengutip Tuttomotoriweb.it, Jumat (10/12/2021).

Selain soal feeling tersebut, mentalitas Quartararo juga sudah berubah sejak 2020. Pada awal musim 2020 dia tampil menjanjikan tapi performanya turun di pertengahan musim.

Mentalnya turun di akhir-akhir musim. Padahal disebutkan pada penghujung musim 2020 Yamaha bekerja keras mengubah rangka agar Quartaro lebih percaya diri.

Baca juga: Alasan Pentingnya Segera Mencuci Mobil yang Kehujanan

Hasil MotoGP, Quartararo juara dunia: pebalap Yamaha Fabio Quartararo (tengah) merayakan gelar juara dunia MotoGP di podium pada 24 Oktober 2021 setelah MotoGP Emilia Romagna di Sirkuit Misano Marco-Simoncelli di Misano Adriatico, Italia.AFP/ANDREAS SOLARO Hasil MotoGP, Quartararo juara dunia: pebalap Yamaha Fabio Quartararo (tengah) merayakan gelar juara dunia MotoGP di podium pada 24 Oktober 2021 setelah MotoGP Emilia Romagna di Sirkuit Misano Marco-Simoncelli di Misano Adriatico, Italia.

“Mentalitasnya telah berubah dalam menangani situasi sulit, tim telah berhasil mendapatkan kembali kepercayaan diri dan tenang bahkan ketika ketegangan sedang tinggi," katanya.

"Itu hasil dari rasa saling percaya, sekarang tim bisa menghadapi akhir pekan dengan lebih tenang,” kata Sumi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com