Kompas.com - 07/02/2022, 15:21 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Pelumas atau oli punya peran vital pada kendaraan khususnya sepeda motor. Karena ol berfungsi untuk melumasi bagian dalam mesin yang bergesekan.

Telat ganti oli dapat berdampak buruk pada mesin. Pada akhirnya mesin bisa bermasalah mulai dari piston, dinding silinder hingga merembet ke bagian lain seperti transmisi.

Baca juga: Daftar Harga Ban Motor per Februari 2022

Ganti Oli MotorFoto: Rideapart Ganti Oli Motor

Technical Service Division Astra Honda Motor (AHM) Endro Sutarno mengatakan, oli menjaga komponen tidak cepat aus atau terkikis akibat adanya gesekan antar komponen.

“Selain itu, oli juga memiliki fungsi pendingin suhu panas pada motor akibat proses pembakaran,” ucap Endro kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Baca juga: Polisi Pakai Alat Ukur Bising Knalpot, Bagaimana Metode yang Tepat?

Abai dengan kondisi oli maka kinerja mesin tidak optimal. Hal ini dikarenakan adanya endapan oli di bawah mesin sehingga membuat tarikan motor menjadi berat.

Ganti oli motorShutterstock Ganti oli motor

“Bisa berpengaruh juga pada konsumsi bahan bakar karena gesekan antar komponen semakin kasar. Lama-kelamaan akan merusak komponen lainnya,” kata Endro.

Dalam buku panduan kendaraan bermotor, pemilik mesti memperhatikan pergantian oli dengan perhitungan waktu atau jarak tempuh. Biasanya ada di interval 4.000 km atau tiga bulan.

Berikut harga oli untuk motor skutik di pasaran pada Februari 2022:

Castrol

Castrol Activ Matic 10W-30: Rp 43.000
Castrol Activ Matic 20W-40: Rp 46.000

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.