Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bahas Eksterior Toyota Yaris GR Spesifikasi WRC

Kompas.com - 05/02/2022, 20:22 WIB
Ruly Kurniawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kendati sudah tidak lagi tersedia di Indonesia, Toyota Yaris GR spesifikasi WRC tetap menarik untuk dikulik. Apalagi, mobil diklaim masih asik untuk digunakan sebagai kendaraan harian.

Setelah menanti, akhirnya tim Kompas.com mendapat kesempatan untuk menjajal mobil tersebut selama beberapa hari. Tentu, tidak menyiakan hal ini, GR Yaris produksi 2020 itu langsung dibawa ke ruas jalan yang beda.

Sebelum dijajal, mari kita bahas tampilan eksterior futuristik dan sporty dari mobil. Sebab, banyak sekali aspek yang berbeda dari Yaris biasanya atau di pasaran selama ini.

Baca juga: Ini Pentingnya Mengatur Spion Sebelum Berkendara

Toyota GR YarisKOMPAS.com/Ruly Toyota GR Yaris

Sekilas tampilan depan GR Yaris sudah menyiratkan kesan sangar dengan desain bumper depan agresif dipadu dengan aksen warna hitam. Sontak mobil kental terkesan sporty, apalagi rumah foglamp-nya dibuat memanjang dengan lis hitam.

Bahan baku yang digunakan pada bodi mobil juga diperhatikan benar, antara lain adalah penggunaan kap mesin dari bahan aluminium yang tahan karat dan juga ringan demi mengejar performa.

Pada bagian sampingnya, baik itu panel pintu, tutup bagasi, hingga bodi bagian atas menggunakan panel atap yang terbuat dari bahan Carbon Fiber Reinforced Plastic (CFRP) agar makin kuat dan juga ringan.

Baca juga: Toyota GR Yaris Lebih Kencang dari Nissan GT-R Nismo

Test drive Toyota GR YarisKOMPAS.com/Ruly Test drive Toyota GR Yaris

Panel bodi ini dibuat dengan metode cetakan Sheet Molding Compound yang memiliki tingkat kepresisian tinggi. Pelek BBS berdiameter 18 inch semakin menegaskan aura sporty Toyota GR Yaris ini.

Lanjut ke bagian belakang, GR Yaris terkesan unik dari desain stoplamp LED (Light Emitting Diodle) yang membentuk huruf C. Pada pilar C, tidak ada lagi akses pintu ke kursi penumpang tapi disemat kaca dan fender besar.

Guna menambah kesan sporty dan menambah performa, mobil dibekali dua muffler pada diffuser bagian bawahnya. Tidak lupa, ada beberapa aksen GR Yaris yang khusus untuk membedakan dengan versi standar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com