Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lelang Toyota AE86 Trueno Hasil Sitaan Negara, Tembus Rp 1 Miliar

Kompas.com - 06/02/2022, 14:01 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Masih ingat dengan lelang Toyota AE86 Trueno yang diadakan oleh pemerintah lewat Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Pontianak belum lama ini?

Usai digelar pada Kamis (3/2/2022), mobil legendaris yang erat dengan aksi drifting tersebut terjual dengan harga Rp 1,036 miliar, lebih dari 10 kali lipat harga pembuka lelangnya yang hanya Rp 96,9 juta.

Dikutip dari situs DJKN Kemenkeu, Toyota AE86 Trueno tersebut merupakan hasil sitaan usai diketahui akan diselundupkan masuk Indonesia, lewat perbatasan negara dengan Malaysia di Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Nanga Badau, Kalimantan Barat.

Baca juga: Toyota AE86 Trueno Dilelang Mulai Rp 90 Jutaan

Tangkapan layar soal lelang mobil legendaris Toyota Trueno AE86 tembus Rp 1 miliar.djkn.kemenkeu.go.id Tangkapan layar soal lelang mobil legendaris Toyota Trueno AE86 tembus Rp 1 miliar.

Karena pada dasarnya Toyota AE86 Trueno tersebut masuk dengan cara ilegal, tentu mobil ini dilelang tanpa kelengkapan surat-surat kepemilikan seperti BPKB maupun STNK.

Animo masyarakat terhadap mobil ini terbilang tinggi. Dalam durasi lelang terbuka selama satu jam, terhitung ada 63 penawaran yang diajukan.

“Lelang hari ini sangat menggembirakan. Selain berhasil mencapai harga yang fantastis, juga senang sekali melihat antusias dan usaha para peserta lelang dalam menaikan harga setinggi-tingginya untuk mendapatkan mobil yang memang tidak dijual di Indonesia ini,” ucap Juana, Pejabat Lelang KPKNL Pontianak.

Baca juga: Pemula, Begini Cara Benar Oper Gigi Perseneling Mobil Manual

Foto Toyota AE86 Trueno yang akan dilelang pemerintah.lelang.go.id Foto Toyota AE86 Trueno yang akan dilelang pemerintah.

Sesuai ketentuan, diberikan jangka waktu selama lima hari kerja bagi pemenang untuk melakukan pelunasan. Selanjutnya, hasil dari lelang tersebut akan disetor ke kas negara sebagai Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP).

Sebagai informasi, Toyota AE86 Trueno tersebut memiliki kelir two-tone hitam putih persis seperti yang ada dalam serial animasi Initial D. Hanya saja, eksterior mobil tersebut tampak tidak terawat sehingga akan butuh banyak perbaikan.

Tertulis dalam keterangannya, mesin yang terpasang berkode 4A-GEU, mengisyaratkan bahwa dapur pacu yang terpasang merupakan mesin DOHC 1.587 cc 4 silinder yang digunakan AE86 Trueno di pasar otomotif negara asal di Jepang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.