Bukan di Pulau Jawa, Ini Dia Tol Terpanjang di Indonesia

Kompas.com - 06/02/2022, 13:21 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Jalan tol menjadi penghubung antar wilayah di Indonesia yang memudahkan akses transportasi darat. Dalam kurun beberapa tahun terakhir, infrastruktur jalan tol di Indonesia gencar dibangun oleh pemerintah.

Ada beragam rute dan berbagai jarak jalan tol saat ini. Bahkan, ada pula jalan tol yang memiliki rute terpanjang di Indonesia.

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Danang Parikesit menyebutkan jika jalan tol Terbanggi Besar - Pematang Panggang - Kayu Agung (Terpeka) adalah jalan tol terpanjang di Indonesia saat ini.

Baca juga: Daftar Komponen yang Rawan Rusak di Transmisi Mobil Manual

“Untuk jalan tol yang telah beroperasi, jalan tol Terbanggi Besar-Kayu Agung sejauh ini jadi jalan tol terpanjang yang telah beroperasi di Indonesia,” kata Danang pada Kompas.com baru-baru ini.

Dengan predikat sebagai jalan tol terpanjang, tol Terbanggi Besar-Kayu Agung memiliki panjang mencapai 189,2 km.

Rute dari jalan tol ini ialah dari Provinsi Lampung, melintasi Pematang Panggang, hingga ke Kayu Agung yang masuk Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), Sumatera Selatan.

Tol Terbanggi Besar-Kayu Agung mulai beroperasi pada November 2019 dan dikelola oleh PT Hutama Karya (Persero).

Tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang- Kayu Agung, jalan tol terpanjang di Indonesia hingga tahun 2021Dok. BPJT Kementerian PUPR Tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang- Kayu Agung, jalan tol terpanjang di Indonesia hingga tahun 2021

Mengutip dari bpjt.pu.go.id, setelah dilaksanakan peresmian jalan tol ini, Museum Rekor Indonesia (MURI) menyerahkan piagam MURI kepada Dirut PT Hutama Karya (HK) Bintang Perbowo, selaku salah satu operator yang melaksanakan pembangunan Jalan Tol Terbanggi Besar - Pematang Panggang - Kayu Agung.

Peresmian ini juga disaksikan secara langsung oleh Presiden RI Joko Widodo, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dan Kepala BPJT Kementerian PUPR Danang Parikesit.

Rekor Baru

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.