Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bukan di Pulau Jawa, Ini Dia Tol Terpanjang di Indonesia

Kompas.com - 06/02/2022, 13:21 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Jalan tol menjadi penghubung antar wilayah di Indonesia yang memudahkan akses transportasi darat. Dalam kurun beberapa tahun terakhir, infrastruktur jalan tol di Indonesia gencar dibangun oleh pemerintah.

Ada beragam rute dan berbagai jarak jalan tol saat ini. Bahkan, ada pula jalan tol yang memiliki rute terpanjang di Indonesia.

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Danang Parikesit menyebutkan jika jalan tol Terbanggi Besar - Pematang Panggang - Kayu Agung (Terpeka) adalah jalan tol terpanjang di Indonesia saat ini.

Baca juga: Daftar Komponen yang Rawan Rusak di Transmisi Mobil Manual

“Untuk jalan tol yang telah beroperasi, jalan tol Terbanggi Besar-Kayu Agung sejauh ini jadi jalan tol terpanjang yang telah beroperasi di Indonesia,” kata Danang pada Kompas.com baru-baru ini.

Dengan predikat sebagai jalan tol terpanjang, tol Terbanggi Besar-Kayu Agung memiliki panjang mencapai 189,2 km.

Rute dari jalan tol ini ialah dari Provinsi Lampung, melintasi Pematang Panggang, hingga ke Kayu Agung yang masuk Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), Sumatera Selatan.

Tol Terbanggi Besar-Kayu Agung mulai beroperasi pada November 2019 dan dikelola oleh PT Hutama Karya (Persero).

Tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang- Kayu Agung, jalan tol terpanjang di Indonesia hingga tahun 2021Dok. BPJT Kementerian PUPR Tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang- Kayu Agung, jalan tol terpanjang di Indonesia hingga tahun 2021

Mengutip dari bpjt.pu.go.id, setelah dilaksanakan peresmian jalan tol ini, Museum Rekor Indonesia (MURI) menyerahkan piagam MURI kepada Dirut PT Hutama Karya (HK) Bintang Perbowo, selaku salah satu operator yang melaksanakan pembangunan Jalan Tol Terbanggi Besar - Pematang Panggang - Kayu Agung.

Peresmian ini juga disaksikan secara langsung oleh Presiden RI Joko Widodo, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dan Kepala BPJT Kementerian PUPR Danang Parikesit.

Rekor Baru

Akan tetapi, rekor tol Terbanggi Besar - Kayu Agung sebagai tol terpanjang di Indonesia nampaknya akan bergeser jika pembangunan tol baru yang lebih panjang akan rampung.

Baca juga: Intip Spesifikasi Chery Omoda 5 yang Bakal Masuk Indonesia

Danang juga mengatakan jika akan ada jalan tol yang lebih panjang di Indonesia dalam kurun beberapa waktu mendatang. Progres jalan tol ini telah menandatangani Perjanjian Pengusahaan Jalan Tol.

“Ini terdapat di jalan tol Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap sepanjang 206,65 km yang melintas di dua provinsi yaitu provinsi Jawa Barat dan Provinsi Jawa Tengah,” imbuh Danang.

Sebagai informasi, untuk tahap pertama yakni seksi 1 JC Gedebage – simpang susun Garut Utara, dan seksi 2 simpang susun Garut Utara – simpang susun Tasikmalaya dengan target operasi pada tahun 2024.

Kemudian di tahap kedua, terdiri dari seksi 3 simpang susun Tasikmalaya – simpang susun Patimuan, dan Seksi simpang susun Patimuan – simpang susun Cilacap dengan target operasi pada tahun 2029.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com