Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Lelang Toyota AE86 Trueno Hasil Sitaan Negara, Tembus Rp 1 Miliar

JAKARTA, KOMPAS.com - Masih ingat dengan lelang Toyota AE86 Trueno yang diadakan oleh pemerintah lewat Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Pontianak belum lama ini?

Usai digelar pada Kamis (3/2/2022), mobil legendaris yang erat dengan aksi drifting tersebut terjual dengan harga Rp 1,036 miliar, lebih dari 10 kali lipat harga pembuka lelangnya yang hanya Rp 96,9 juta.

Dikutip dari situs DJKN Kemenkeu, Toyota AE86 Trueno tersebut merupakan hasil sitaan usai diketahui akan diselundupkan masuk Indonesia, lewat perbatasan negara dengan Malaysia di Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Nanga Badau, Kalimantan Barat.

Karena pada dasarnya Toyota AE86 Trueno tersebut masuk dengan cara ilegal, tentu mobil ini dilelang tanpa kelengkapan surat-surat kepemilikan seperti BPKB maupun STNK.

Animo masyarakat terhadap mobil ini terbilang tinggi. Dalam durasi lelang terbuka selama satu jam, terhitung ada 63 penawaran yang diajukan.

“Lelang hari ini sangat menggembirakan. Selain berhasil mencapai harga yang fantastis, juga senang sekali melihat antusias dan usaha para peserta lelang dalam menaikan harga setinggi-tingginya untuk mendapatkan mobil yang memang tidak dijual di Indonesia ini,” ucap Juana, Pejabat Lelang KPKNL Pontianak.

Sesuai ketentuan, diberikan jangka waktu selama lima hari kerja bagi pemenang untuk melakukan pelunasan. Selanjutnya, hasil dari lelang tersebut akan disetor ke kas negara sebagai Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP).

Sebagai informasi, Toyota AE86 Trueno tersebut memiliki kelir two-tone hitam putih persis seperti yang ada dalam serial animasi Initial D. Hanya saja, eksterior mobil tersebut tampak tidak terawat sehingga akan butuh banyak perbaikan.

Tertulis dalam keterangannya, mesin yang terpasang berkode 4A-GEU, mengisyaratkan bahwa dapur pacu yang terpasang merupakan mesin DOHC 1.587 cc 4 silinder yang digunakan AE86 Trueno di pasar otomotif negara asal di Jepang.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/02/06/140100515/lelang-toyota-ae86-trueno-hasil-sitaan-negara-tembus-rp-1-miliar

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke