Kupas Perbedaan Honda Vario 160 Tipe ABS dan CBS

Kompas.com - 06/02/2022, 11:21 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - All New Honda Vario 160 hadir dalam dua varian yaitu tipe ABS dan CBS. Meski dari luar tidak terlalu kentara detail perbedaannya cukup banyak.

Sesuai namanya Vario 160 ABS sudah dibekali dengan sistem pengereman ABS (Anti-lock Braking System). Rem depan belakangnya sudah cakram, dengan diameter cakram depan 220 mm.

Baca juga: Begini Rasa Hybrid Yamaha Fazzio

Vario 160 tipe CBS rem rem belakangnya masih pakai teromol seperti pada Vario 150. Foto: AHM Vario 160 tipe CBS rem rem belakangnya masih pakai teromol seperti pada Vario 150.

Adapun Vario 160 CBS menggunakan sistem pengereman Combi Brake System pakai teknologi hidrolis. Jika tuas rem belakang diremas, maka rem belakang bekerja diiringi rem depan.

Pada Vario 160 tipe CBS rem belakangnya masih pakai teromol seperti pada Vario 150. Kemudian tipe ini juga dibekali fitur Parking Brake Lock.

Di atas kertas berat kosong atau curb weight Vario 160 CBS yakni 115 kg sedangkan tipe ABS 117 kg. Perbedaan berat 2 kg itu berhubungan dengan penambahan komponen ABS yang dipakai.

Baca juga: Intip Spesifikasi Chery Omoda 5 yang Bakal Masuk Indonesia

All New Honda Vario 160Foto: AHM All New Honda Vario 160

Secara eksterior Vario 160 ABS lebih elegan ketimbang tipe CBS. Pada tipe ABS tulisan Vario di bodi samping menggunakan logo 3D sedangkan yang tipe CBS menggunakan stiker.

Perbedaan terakhir yaitu harga. Vario 160 CBS dibanderol Rp 25,8 juta dengan Vario 160 tipe ABS dipatok Rp 28,5 juta. Keduanya merupakan harga perpajakan Jakarta.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.