Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Saat Parkir Mundur, Manfaatkan Spion atau Lihat Langsung Area Belakang?

Kompas.com - 04/02/2022, 06:52 WIB
Arif Nugrahadi,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA,KOMPAS.com - Parkir merupakan aktivitas terakhir dari proses berkendara. Untuk orang baru bisa mengemudikan mobil, merupakan hal yang menakutkan. Apalagi jika situasi keadaan sulit, seperti tempat yang sempit.

Pada saat parkir mundur, pengemudi juga harus tetap waspada, apalagi menggunakan mobil transmisi otomatis. Lantas pada saat akan parkir mundur, pengemudi lebih aman menggunakan spion atau tetap harus melihat langsung area belakang?

Baca juga: Alasan Kenapa Tenaga Honda Vario 160 Beda dengan PCX 160

Training Director The Real Driving Centre Marcell Kurniawan mengatakan,yang harus diperhatikan ketika parkir mundur paling utama pengemudi harus memastikan terlebih dahulu ruangan untuk parkir. Pastikan tidak ada halangan yang membahayakan pada saat akan parkir mundur.

"Mengingat blind spot di mobil pada saat parkir mundur sangat besar dan kecelakaan di kecepatan rendah mayoritas terjadi saat mundur, maka yang aman adalahidak hanya mengandalkan spion. Namun juga perlu untuk menengok," kata Marcell kepada Kompas.com Kamis (3/2/2022).

Ilustrasi parkir mobil basementaceh.tribunnews.com Ilustrasi parkir mobil basement

Marcell juga menyarankan untuk menggunakan sensor parkir dan kamera mundur pada saat melakukan parkir. Hal ini dimaksudkan untuk meminimalisir risiko blind spot pada saat mundur.

"Karena memang blind spot di belakang kendaraan itu besar, anak umur di bawah lima tahun saja bisa tidak terlihat dari spion tengah kendaraan jika menggunakan sedan. Jadi saya sarankan pakai sensor parkir atau kamera mundur," ucap Marcell.

Baca juga: Sopir Truk Diancam Pistol dan Tongkat di Tol Cikampek, Ini Kata Polisi

Marcell mengatakan pada saat parkir menggunakan mobil matik pastikan kaki hanya berada pada pedal rem. Kalaupun pengemudi membutuhkan untuk menginjak pedal gas, disarankan untuk menginjak pedal gas secara perlahan.

"Masalah para pengguna mobil matik kebanyakan tidak sadar bahwa yang diinjaknya adalah pedal gas, untuk itu apabila akan melakukan parkir harus tetap waspada, apalagi parkir mundur," kata Marcell.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com