Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ulik Fitur Bluelink Andalan Hyundai Creta

Kompas.com - 29/01/2022, 10:22 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu keunggulan Hyundai Creta adalah disematkannya fitur canggih Bluelink. Fitur ini menyimpan banyak fungsi dalam satu aplikasi.

Dengan aplikasi bernama Bluelink, pemilik Creta dapat menghubungkan mobil dengan smartphone. Berbeda dengan mobil lainnya yang menggunakan bluetooth, Bluelink justru menggunakan koneksi internet.

Saat test drive Hyundai Creta selama dua hari, PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) juga menyediakan satu unit smartphone untuk menguji langsung kehebatan Bluelink.

Baca juga: Hitung Konsumsi BBM Hyundai Creta Saat Pengujian di Bali

Makmur, Chief Operating Officer HMID, mengatakan, Hyundai sudah menyematkan kartu SIM pada head unit Creta. Kartu SIM tersebut sudah terkoneksi dengan internet.

Test drive Hyundai CretaKompas.com/Donny Test drive Hyundai Creta

"Sudah langsung berlangganan selama tiga tahun ke depan. Itu termasuk paket saat pembelian," ujar Makmur, kepada wartawan, di Bali, belum lama ini.

Di atap mobil dekat spion tengah, terdapat tombol Bluelink yang jika ditekan akan terhubung dengan call center untuk Roadside Assistance. Layanan ini tersebut 7 x 24 jam. Begitu pula dengan tombol SOS yang berfungsi untuk keadaan darurat.

"Saat kondisi darurat, pengemudi tinggal tekan SOS, nanti call center kita akan menghubungi dan menanyakan seperti apa keadaannya, apakah membutuhkan ambulans atau Roadside Assistance," kata Makmur.

Baca juga: Pengalaman Uji Hyundai Creta di Pulau Dewata

Pada aplikasi Bluelink, lebih banyak lagi fungsi yang ditawarkan, seperti menyalakan dan mematikan mesin dan AC, mengunci dan membuka kunci pintu, serta menyalakan lampu hazard dan klakson.

Suprayetno, Head of Service Planning and Strategy HMID, mengatakan, fungsi tersebut bisa digunakan selama kartu SIM pada mobil dan smartphone sama-sama terhubung dengan jaringan internet.

"Jadi, di mana pun mobil berada, seberapa pun jauhnya, tetap bisa terhubung dengan smartphone, cakupannya nasional. Kita sudah pernah tes mobil ini di lantai 3 basement, dan kita di lantai yang tinggi, Bluelink tetap bisa digunakan," kata Suprayetno.

Test drive Hyundai Creta di Pulau DewataKompas.com/Donny Test drive Hyundai Creta di Pulau Dewata

Selain itu, pada aplikasi Bluelink ini juga terdapat beragam informasi mengenai kendaraan. Informasi yang disediakan juga sangat lengkap, yakni Vehicle Relation Management, Auto Collision Notification, Stolen Vehicle Notification, Stolen Vehicle Tracking, Stolen Vehicle Immobilization, Idle Time Notification, dan masih banyak fungsi lainnya.

Namun, kekurangannya sama seperti keunggulannya, karena terhubung dengan internet, maka fitur Bluelink ini sangat mengandalkan sinyal. Jika sinyal yang didapat buruk, maka fungsi yang digunakan bisa memakan waktu agak lama atau bahkan bisa gagal atau tidak berfungsi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com