Kompas.com - 24/01/2022, 10:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Ban merupakan salah satu komponen yang paling vital pada kendaraan. Sebab, komponen ini yang bersentuhan langsung dengan permukaan jalan.

Maka itu, keamanan dan kenyamanan selama perjalanan juga ditentukan dari kondisi ban. Berbeda dengan sepeda motor, pada mobil diperlukan rotasi ban.

Baca juga: Gampang, Begini Cara Mudah Memilih Alur Ban Mobil

On Vehicle Test (OVT) Manager PT Gajah Tunggal Tbk Zulpata Zainal, mengatakan, rotasi menjadi salah satu cara untuk melakukan perawatan terhadap ban.

Pentingnya rotasi bankiosban.com Pentingnya rotasi ban

Rotasi ban ini menjadi salah satu cara merawat ban, selain membersihkan, menjaga tekanan udara dan melalui penyemiran ban,” kata Zulpata, kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Zulpata menambahkan, semakin sering pemindahan ban dilakukan maka akan semakin baik karena bisa menjaga umur ban agar bisa lebih panjang.

Baca juga: Hindari Kebiasaan Ban Mobil Nempel di Trotoar Saat Parkir, Ini Alasannya

Rotasi ban mobil diperlukan karena tingkat keausannya berbeda-beda antara masing-masing ban. Meskipun, pergantian keempat ban tersebut dilakukan secara bersamaan.

Ilustrasi proses spooring ban mobil.liveabout.com Ilustrasi proses spooring ban mobil.

Hal ini disebabkan karena perbedaan titik beban kendaraan. Selain itu, cara berkendara juga bisa menyebabkan keausan ban tidak sama.

Rotasi atau pemindahan posisi ban mobil dari satu posisi ke posisi lainnya perlu dilakukan secara berkala dalam periode tertentu.

“Rotasi sangat sangat penting buat ban, ini akan berpengaruh terhadap umur ban. semakin sering ban dirotasi akan semakin bagus,” ujarnya.

Selain melakukan rotasi ban mobil, sebaiknya juga diikuti dengan penyesuaian lainnya, yakni pengecekan kelurusan roda atau spooring.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.