Menperin Akui ada Penurunan Pembelian Mobil di Awal Tahun 2022

Kompas.com - 19/01/2022, 18:01 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita mengakui adanya penurunan pembelian mobil pada awal tahun ini akibat ketidakpastian perpanjangan insentif Pajak Penjualan atas Barang Mewah Ditanggung Pemerintah (PPnBM DTP).

Kendati tidak menyebutkan besarannya, tetapi dipastikan bahwa segmen kendaraan yang terpengaruh ialah Low Cost Green Car (LCGC) dan mobil di bawah Rp 250 juta.

"Segmen tersebut sangat sensitif terhadap harga, sehingga sebelum ada kepastian perpanjangan insentif PPnBM DTP masyarakat lebih memilih wait and see," kata dia, Selasa (18/1/2022).

Baca juga: Masih Dapat Diskon PPnBM, Pasar LCGC Bisa Pesat Tahun Ini

Ilustrasi penjualan mobilKOMPAS.com/STANLY RAVEL Ilustrasi penjualan mobil

"Inilah yang menyebabkan penurunan purchase order dalam beberapa minggu terakhir," lanjut Agus.

Sebab, tarif PPnBM segmen kendaraan penumpang kurang dari 10 orang tersebut, berdasarkan PP Nomor 73/2019 menjadi sebesar 15 persen dari yang sebelumnya sebesar 10 persen (PP No.41/2013).

Sebenarnya tidak begitu besar, hanya naik 5 persen. Tapi karena tahun lalu ada insentif pembebasan tarif PPnBM (0 persen), jadi harga mobil terkait tampak terjadi kenaikan sebesar 15 persen atas tarif PPnBM-nya.

"Produk dengan harga di bawah Rp 250 juta mendominasi pangsa pasar atau sesuai dengan daya beli masyarakat, yaitu lebih dari 60 persen dan memiliki rata-rata kandungan lokal yang tinggi," kata Agus.

Adapun rencana pemberian insentif PPnBM pada golongan mobil tersebut di tahun ini akan diberikan secara bertahap.

Baca juga: Pertumbuhan Kendaraan Elektrifikasi Naik Dua Kali Lipat Lebih pada 2021

Pengunjung melihat mobil-mobil yang dipamerkan pada pembukaan IIMS Hybrid 2021 di JiExpo Kemayoran, Jakarta Utara, Kamis (15/4/2021). Pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid 2021 yang berlangsung pada 15-25 April itu digelar secara daring (online) dan kunjungan langsung dengan pembatasan kapasitas dan penerapan protokol kesehatan Covid-19.KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG Pengunjung melihat mobil-mobil yang dipamerkan pada pembukaan IIMS Hybrid 2021 di JiExpo Kemayoran, Jakarta Utara, Kamis (15/4/2021). Pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid 2021 yang berlangsung pada 15-25 April itu digelar secara daring (online) dan kunjungan langsung dengan pembatasan kapasitas dan penerapan protokol kesehatan Covid-19.

Yaitu, insentif PPnBM DTP 100 persen untuk LCGC akan berlaku sepanjang kuarta I/2022. Pada kuartal II/2022, diskon tersebut menurun menjadi dua persen.

Kemudian, dalam kuartal III/2022 LCGC akan dikenakan tarif PPnBM dua persen untuk kemudian di kuartal IV/2022 pemberian insentif PPnBM ke mobil murah dilepas sepenuhnya.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.