Pemula, Jangan Nyetir Mobil Sendiri Tanpa Pendamping

Kompas.com - 17/01/2022, 20:11 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Meskipun sudah mengikuti kursus mengemudi mobil di lembaga pelatihan, pemula tetap harus memerlukan pendampingan saat akan berkendara di jalan raya.

Pengemudi pemula butuh pembiasaan untuk mengemudi dengan mobil yang tidak dilengkapi dengan pedal bantuan.

Salah satu kendala yang umum dialami pengemudi pemula yang mengemudikan mobil manual adalah berhentinya mesin, karena lupa injak kopling atau telat menginjak kopling.

Training Director The Real Driving Center (RDC) Roslianna Ginting mengatakan, yang paling penting adalah pengemudi jangan panik.

Baca juga: Buat Pengemudi Pemula, Biasakan Parkir Mundur

"Tetap tenang, dan segera menyalakan kendaraan kemudian start lagi," ujar Roslianna pada Kompas.com, Senin (17/1/2022).

Ia menjelaskan, pengemudi yang panik berpotensi membahayakan pengguna jalan yang lain. Selain itu, bisa muncul rasa panik yang akhirnya membuat pengemudi kebingungan untuk mengambil tindakan.

Salah ambil tindakan juga kerap terjadi akibat panik. Misalnya, salah menginjak pedal, karena belum terbiasa dengan tata letak pedal operasional mobil dan panik akibat tekanan dari pengguna jalan yang lain.

Salah injak pedal gas merupakan kesalahan fatal yang sangat membahayakan, baik untuk pengemudi ataupun orang lain yang berada di sekitar kendaraan.

Ilustrasi pengemudi mobil di jalan. UNSPLASH/takahiro taguchi Ilustrasi pengemudi mobil di jalan.

Baca juga: Kesalahan Fatal yang Sering Dilakukan Pengemudi Mobil Manual

"Karena, kebanyakan orang panik saat ada masalah, apalagi ada tekanan dari luar. Sehingga akhirnya lepas kendali, kebanyakan menjadi blank dan melakukan kesalahan yang bisa merugikan pengguna jalan lainnya," jelas dia.

Tekanan dari luar yang dimaksud adalah bunyi klakson dari pengendara lain atau bahkan omelan. Hal-hal ini bisa membuat pengemudi kehilangan konsentrasinya.

Maka, ia menekankan bahwa pengemudi pemula sebaiknya didampingi khususnya saat akan turun ke jalan raya untuk pertama kalinya.

Kemudian, pastikan pengemudi pemula sebelumnya sudah berlatih di lembaga pelatihan yang kredibel, hingga sampai di tahap di mana pengemudi mampu mengoperasikan kendaraan tanpa kesalahan.

"Jangan memaksakan diri mengemudikan kendaraan sendiri di jalan raya tanpa didampingi orang yang memiliki kemampuan di bidang tersebut, apabila pengemudi tersebut belum memiliki kemampuan yang baik mengoperasikan kendaraan," kata dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.