Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Diskon Mobil Murah Honda Brio Satya Awal Tahun 2022 Tembus Rp 4 Juta

Kompas.com - 17/01/2022, 16:12 WIB
Arif Nugrahadi,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Honda Brio Satya merupakan andalan PT Honda Prospect Motor (HPM) untuk segmen Low Cost Green Car (LCGC) di Indonesia. Mobil murah ini termasuk dalam pemberian insentif PPnBM untuk di bawah Rp 200 juta (LCGC) dari Pemerintah.

Kabar baiknya, Presiden Joko Widodo menyetujui perpanjangan diskon Pajak Pembelian atas Barang Mewah (PPnBM) pada tahun 2022. Hal ini diungkapkan oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto.

Baca juga: Bengkel Repair Mulai Bikin Bus Single Glass, Ini Tanggapan Adiputro

Airlangga menuturkan, diskon PPnBM masuk dalam program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) tahun 2022.

"Pak Presiden menyetujui telah diberikan juga fasilitas tarif PPnBM yang ditanggung pemerintah (DTP) khusus untuk sektor otomotif," kata Airlangga dalam konferensi pers, Minggu (16/1/2022).

Ilustrasi  All New Honda Brio SatyaDok. GridOto Ilustrasi All New Honda Brio Satya

Diskon PPnBM diberikan untuk kendaraan bermotor dengan harga di bawah Rp 200 juta (LCGC). Adapun PPnBM yang seharusnya dikenakan mencapai 3 persen.

Namun, khusus kuartal I 2022, pemerintah tidak mengenakan pajak (pajak 0 persen) alias memberi diskon PPnBM DTP sebesar 3 persen.

"Mobil dengan harga penjualan di bawah Rp 200 juta atau LCGC, PPnBM adalah 3 persen di mana di kuartal pertama diberikan fasilitas 0 persen," ucap Airlangga.

Baca juga: Video Mobil Meluncur ke Jalan Akibat Lupa Aktifkan Rem Tangan

Besaran diskon pajak ini kemudian dikurangi sedikit demi sedikit di tiap kuartal. Pada kuartal II, pemerintah hanya memberi diskon sebesar 2 persen sehingga pembeli perlu membayar PPnBM sebesar 2 persen.

Kemudian di kuartal III, diskon PPnBM kembali dikurangi hanya sebesar 1 persen. Dengan kata lain, pembeli perlu membayar PPnBM sebesar 2 persen sisanya. Kemudian di kuartal IV, bayar penuh sesuai tarifnya yaitu 3 persen.

Honda Brio SatyaStanly/KompasOtomotif Honda Brio Satya

Meskipun demikian, Honda masih belum mengumumkan terkait harga insentif PPnBM yang diberikan. Namun Honda tetap akan memberikan kelebihan pembayaran kepada konsumen yang sudah membeli dengan harga sebelum PPnBM.

Honda Brio Satya saat ini dijual dengan harga Rp 153,4 juta sampai dengan Rp 177,4 juta untuk harga on the road DKI Jakarta.

"Tapi nanti kalau ada kabar tentang diskon PPnBM sudah diumumkan maka kelebihan pembayaran akan direfund," kata salah satu tenaga penjual diler Honda Jakarta kepada Kompas.com, Senin (17/1/2022).

Baca juga: Berburu Mobil Bekas Daihatsu Taruna, Segini Kisaran Harganya

Untuk awal Januari 2022, diler Honda memberikan potongan harga sampai dengan Rp 4 jutaan. Potongan diberikan dengan ketentuan dari masing-masing diler.

"Potongan harga nanti bisa diusahakan maksimal Rp 4 juta," kata dia.

Berikut daftar harga Honda Brio Satya OTR Jakarta sebelum diberlakukan insentif PPnBM untuk LCGC sebesar 3 persen per Januari 2022.

Brio Satya S M/T harga Rp 153,4 juta
Brio Satya E M/T harga Rp 162,4 juta
Brio Satya E CVT harga Rp 177,4 juta

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com