Jangan Salah Solusi, Ini 3 Penyebab Alarm Mobil Tidak Bunyi Saat Dikunci

Kompas.com - 17/01/2022, 19:41 WIB
|

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Alarm merupakan salah satu fitur tambahan di mobil yang memiliki peran cukup penting dalam aspek keamanan, khususnya ketika di ruang umum.

Bunyi saat menekan tombol setelah turun dari mobil yang diparkir memberi kepastian bahwa kendaraan terkait sudah terkunci dan aman. Membuat si pengendara meninggalkan mobil tanpa rasa waspada berlebih.

Tapi dalam kondisi tertentu, alarm itu tidak berbunyi sehingga pemilik atau pengendara harus memastikan penguncian secara manual dengan cara membuka pintu. Ini bisa saja terjadi, apabila terdapat kerusakakan.

Baca juga: Ketahui Bahaya Menyalip Secara Beriringan di Jalan Raya

Kunci mobil keyless Kunci mobil keyless

"Ada beberapa penyebab alarm mobil tidak bunyi saat dioperasikan, mulai dari masalah sepele seperti baterai abis sampai yang cukup serius," ujar Nur Imansyah Tara, Aftersales Division Head Auto2000, Senin (17/1/2022).

Menurutnya, hal pertama ialah baterai pada central lock sudah habis. Ini sudah cukup umum atau kerap dialami para pemilik mobil tanpa mereka sadari seiring meningkatnya aktivitas atau penggunaan remote alarm.

Sehingga, sebaiknya bagian tersebut terus dilakukan pengecekkan secara berkala agar penggunaan mobil tetap dalam keadaan nyaman dan aman.

"Solusi dari masalah tersebut tentu saja mengganti baterai pada central lock. Coba datangi bengkel resmi terdekat untuk berkonsultasi dengan mekanis andal dan berpengalaman," kata dia.

Kedua, alarm mobil dalam pengaturan valet mode. Diketahui, mode terkait berfungsi untuk membuat alarm berada dalam mode senyap atau silent.

 Baca juga: Bayar Pajak Kendaraan Secara Online, Begini Cara Pengesahannya

Remote kunci mobilStanly/Otomania Remote kunci mobil

Biasanya, mode valet diaktifkan saat seseorang menggunakan layanan valet parking untuk mobilnya. Seperti yang diketahui, valet parking merupakan layanan yang disediakan mall, hotel, restoran, atau berbagai tempat umum lain untuk memarkirkan mobil.

"Sebagai pemilik mobil, Anda akan mendapat nomor parkir, lalu akan ada petugas khusus yang memarkirkan mobil. Nah, karena mobil Anda dibawa oleh orang lain selama beberapa saat, keamanan mobil pun mau tak mau harus sedikit dilonggarkan," kata Imansyah.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.