All New Avanza Rakitan Lokal Siap Invasi Thailand Februari 2022

Kompas.com - 09/01/2022, 15:01 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Satu persatu model mobil baru rakitan lokal yang diluncurkan pada 2021 akan memulai debutnya secara internasional tahun ini.

Selain All New Honda BR-V dan Hyundai Creta yang sudah dipastikan bakal diekspor ke sejumlah negara tetangga, kini giliran All New Toyota Avanza yang dikabarkan akan mulai mengaspal di Thailand mulai bulan depan.

Menyitat headlightmag.com, Minggu (9/1/2022), masyarakat Negeri Gajah Putih sudah bisa mencicipi MPV terbaru rakitan Toyota dengan sistem penggerak roda depan (FWD) tersebut.

Baca juga: Awas, Mobil Dipasang Roof Box Bisa Kena Tilang

Toyota AvanzaToyota Toyota Avanza

Thailand sendiri jadi negara pertama yang bakal menerima unit All New Avanza secara completely build-up (CBU) alias rakitan utuh.

Beruntung, berkat adanya fasilitas Asean Free Trade Area (AFTA) alias Kawasan Perdagangan Bebas ASEAN, Avanza terbaru ini bisa dikirim ke Thailand bebas pajak impor.

Sayangnya belum ada kabar lebih lanjut apakah Toyota hanya akan memasarkan All New Avanza di sana atau All New Veloz turut disertakan, mengingat kedua mobil ini layaknya saudara kembar yang lahir bebarengan.

Baca juga: Kode Komunikasi di Jalan, Mending Bunyikan Klakson atau Lampu Jauh?

Tampilan dasbor Toyota Avanza terbaru.Dok. TAM Tampilan dasbor Toyota Avanza terbaru.

All New Avanza sendiri terbilang mendapatkan perubahan yang signifikan di generasi ketiganya. Platform semi monokok yang dipakai hampir dua dekade digantikan oleh DNGA versi terbaru dengan ukuran lebih besar.

Toyota pun meninggalkan sistem penggerak roda belakang (RWD) untuk Avanza, menggantinya dengan penggerak roda depan (FWD).

Salah satu keunggulan yang dibanggakan Toyota pada mobil MPV ini adalah sistem Toyota Safety Sense (TSS) yang merupakan paket lengkap fitur keselamatan aktif.

TSS pada All New Avanza terdiri atas Pre-Collision System, Pedal Misoperation Control, Lane Departure Assist, Blind Spot Monitoring, Rear Cross Traffic Alert, hingga Front Departure Alert.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.