Kompas.com - 03/01/2022, 07:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Tak sedikit konsumen yang membeli mobil baru saat pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Sales (GIIAS) 2021. Sebagian juga sudah mulai menerima pesanan mobil baru, awal tahun ini.

Bagi para pemilik mobil baru, perlu diingat bahwa melakukan servis pertama sangat penting. Sebab, tak hanya untuk menjaga performa mobil, tapi juga ada hubungannya dengan garansi.

Baca juga: Resolusi 2022 Ingin Punya Mobil Baru, Simak Cara Kredit yang Mudah

Untuk diketahui, waktu servis pertama mobil baru berbeda dengan perawatan rutin mobil yang sudah dipakai lama. Pada mobil baru, jarak servis pertama cukup dekat, umumnya ketika mobil sudah menempuh 1.000 km.

Booth Toyota yang menampilkan Avanza baru pada ajang GIIAS 2021 dipenuhi konsumen yang penasaran.KOMPAS.com/RULY KURNIAWAN Booth Toyota yang menampilkan Avanza baru pada ajang GIIAS 2021 dipenuhi konsumen yang penasaran.

Dealer Technical Support Dept Head PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi mengatakan, bahwa jangka waktu untuk servis pertama mobil baru memang dilakukan lebih cepat.

Servis pertama mobil baru dilakukan untuk pengecekkan semua bagian, apakah ada malafungsi atau kelainan termasuk mesin, rem serta komponen lainnya,” ujar Didi, kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Baca juga: Daftar Mobil Baru yang Meluncur di Indonesia Sepanjang 2021

Mobil baru yang dibeli dari diler didatangkan langsung dari pabrik. Sehingga, saat digunakan pada jarak tertentu perlu dilakukan pengecekan berbagai komponennya.

Ilustrasi servis mobil di dealer Auto2000Auto2000 Ilustrasi servis mobil di dealer Auto2000

“Untuk servis pertama ini oli tidak perlu diganti, tapi hanya dilakukan pemeriksaan saja,” kata Didi.

Nurrahman Adi Saputra, Kepala Bengkel Auto2000 Lampung Raden Intan, mengatakan, servis pertama itu merupakan hal wajib yang tak boleh dilewatkan. Sebab, servis pertama juga menjadi syarat dari garansi yang diberlakukan.

Auto2000Auto2000 Auto2000

“Tidak boleh dilewatkan, karena ini pertama syarat warranty, kemudian kedua pengecekan komponen dan fungsi, jadi harus dilakukan dan tetap harus diservis. Kemudian belum ada proses penggantian suku cadang yang sifatnya rutin," kata Nurrahman.

Meskipun, tidak ada yang mengkhawatirkan atau tidak ada yang dikeluhkan, servis pertama tetap wajib dilakukan karena merupakan syarat dari garansi. Apabila sampai telat atau tidak dilakukan, maka garansi bisa saja tidak berlaku.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.