Ini Karakter Pembeli All New Toyota Land Cruiser dan New Fortuner

Kompas.com - 13/01/2022, 17:41 WIB
All New Toyota Land Cruiser resmi mengaspal di Indonesia KOMPAS.com/Aprida Mega NandaAll New Toyota Land Cruiser resmi mengaspal di Indonesia

JAKARTA, KOMPAS.com – PT Toyota Astra Motor (TAM) baru saja meluncurkan dua produk barunya, yakni All New Land Cruiser dan New Fortuner dengan pilihan mesin 2.800 cc 1GD, Kamis (13/1/2022).

Kedua mobil tersebut mengisi segmen SUV premium dan SUV medium ladder frame di Indonesia. Untuk Land Cruiser, tersedia dua pilihan yakni VXR dan GR Sport yang dibanderol Rp 2,327 miliar (VXR) dan Rp 2,378 miliar (GR Sport).

Kemudian Fortuner dengan pilihan mesin disel 2.800 cc 1GD bisa dipilih untuk model VRZ 4x2 (Rp 580,9 juta), VRZ 4x2 GR Sport (Rp 597,9 juta), dan VRZ 4x4 GR Sport (Rp 684,5 juta).
Lalu sebenarnya siapa segmen pasar dari dua mobil ini?

Baca juga: Presiden Jokowi Jajal Jalan Bypass BIL-Mandalika Pakai Motor Custom

Peluncuran All New Toyota Land Cruiser dan New Toyota FortunerKOMPAS.com/Aprida Mega Nanda Peluncuran All New Toyota Land Cruiser dan New Toyota Fortuner

Anton Jimmi Suwandy, Marketing Director PT TAM mengatakan, untuk Land Cruiser memang bermain di pasar Premium SUV dan menjadi salah satu produk flagship dari Toyota.

“Banyak digunakan salah satunya oleh kalangan pejabat pemerintah, TNI, dan juga pejabat di perusahaan swasta yang top management,” ucap Anton di acara peluncuran All New Land Cruiser dan New Fortuner, Kamis (13/1/2022).

Selain itu, All New Land Cruiser juga cocok untuk segmen premium yang menyukai mobil berpenggerak emapt roda (4x4) atau off road. Jadi segmen Land Cruiser bisa dibilang sangat spesifik dan permintaannya relatif stabil.

Baca juga: New Toyota Fortuner dan All New Land Cruiser Resmi Meluncur

New Toyota Fortuner 1GD resmi mengaspal di Indonesia KOMPAS.com/Aprida Mega Nanda New Toyota Fortuner 1GD resmi mengaspal di Indonesia

Sedangkan untuk New Fortuner, punya segmen pasar yang lebih bervariatif. Anton membaginya menjadi dua pasar, pertama pekerja di perusahaan swasta besar tapi bukan top management, tapi menengah.

“Yang banyak juga adalah kaum yang bekerja sendiri atau wirausaha. Mereka melihat Fortuner sebagai kendaraan utama yang banyak digunakan sehari-hari dalam mendukung pekerjaan mereka,” ucapnya.

Anton menjelaskan, kalau segmen pasar tadi hanya gambaran umum saja. Tentu ke depannya bisa terbuka segmen pasar lainnya, mungkin masuk ke anak muda di mana Fortuner kini punya mesin disel yang sangat bertenaga.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.