Pengemudi Pemula, Pahami Kode Angka dan Huruf pada Transmisi Matik

Kompas.com - 13/01/2022, 16:12 WIB
Sistem transmisi matik milik Chevrolet Trax. Kompas.com/Alsadad RudiSistem transmisi matik milik Chevrolet Trax.

JAKARTA, KOMPAS.com - Mobil keluaran terbaru kebanyakan sudah menggunakan transmisi otomatis atau matik. Mobil dengan transmisi matik dinilai lebih menawarkan kemudahan dalam penggunaannya.

Khususnya, bagi para pengemudi yang baru bisa mengendarai mobil atau umumnya disebut green driver. Namun, berbeda dengan transmisi manual, pada model matik dilengkapi dengan kode berupa huruf dan angka.

Baca juga: Bus Tingkat PO Primadona Akhirnya Rilis dari Karoseri New Armada

Kode huruf dan angka tersebut memiliki arti dan fungsi masing-masing sesuai dengan penggunaanya. Selain itu, kode pada tuas transmisi matik bisa saja berbeda antara satu pabrikan dengan merek lainnya.

Namun untuk dasarnya semuanya sama mengnai arti dan fungsi huruf dan angka pada transmisi matik. Pengendara juga harus paham sebelum menggunakannya agar saat berkendara bisa nyaman dan tentunya aman.

tombol pengunci yang ada pada tuas transmisi matikKOMPAS.com/Aprida Mega Nanda tombol pengunci yang ada pada tuas transmisi matik

Kepala Bengkel Auto2000 Cilandak Suparna mengatakan, setiap perusahaan memiliki kode dalam bentuk huruf maupun angka yang tidak sama. Meskipun, dalam pengoperasiannya pada dasarnya sama saja.

"Pada tuas transmisi mobil matik itu ada kombinasi huruf dan angka, seperti P-R-N-D-2-L, ada juga lagi P-R-D-D3-2-L, dan ada juga yang hanya P-R-N-D-S. Pada dasarnya sama saja, yang penting mengerti fungsinya masing-masing," kata Suparna, kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Baca juga: Jangan Panik, Lakukan Ini bila Rem Mobil Blong

Pada mobil transmisi matik, angka dan huruf pada tuas transmisi tidak mengacu pada gigi kecepatan seperti pada mobil manual. Tetapi, angka dan huruf mengacu pada fungsi dari setiap posisi tuas transmisi tersebut.

Berikut arti dan fungsi angka dan huruf yang ada pada mobil transmisi matik:

P atau Parking
Posisi tuas ini digunakan saat kendaraan parkir. Dengan mengarahkan tuas pada huruf P maka transmisi terkunci pada posisi ini. Dengan begitu, mobil tidak bisa lagi bisa didorong. Selain itu, posisi ini juga merupakan awal menghidupkan mesin dan melepaskan kunci kontak.

R atau Reverse
Posisi ini digunakan ketika pengemudi akan menjalankan mundur mobil. Sama seperti pada transmisi manual.

Tombol pengunci atau release button di tuas transmisi matik Tombol pengunci atau release button di tuas transmisi matik

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.