Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ini Karakter Pembeli All New Toyota Land Cruiser dan New Fortuner

JAKARTA, KOMPAS.com – PT Toyota Astra Motor (TAM) baru saja meluncurkan dua produk barunya, yakni All New Land Cruiser dan New Fortuner dengan pilihan mesin 2.800 cc 1GD, Kamis (13/1/2022).

Kedua mobil tersebut mengisi segmen SUV premium dan SUV medium ladder frame di Indonesia. Untuk Land Cruiser, tersedia dua pilihan yakni VXR dan GR Sport yang dibanderol Rp 2,327 miliar (VXR) dan Rp 2,378 miliar (GR Sport).

Kemudian Fortuner dengan pilihan mesin disel 2.800 cc 1GD bisa dipilih untuk model VRZ 4x2 (Rp 580,9 juta), VRZ 4x2 GR Sport (Rp 597,9 juta), dan VRZ 4x4 GR Sport (Rp 684,5 juta).
Lalu sebenarnya siapa segmen pasar dari dua mobil ini?

Anton Jimmi Suwandy, Marketing Director PT TAM mengatakan, untuk Land Cruiser memang bermain di pasar Premium SUV dan menjadi salah satu produk flagship dari Toyota.

“Banyak digunakan salah satunya oleh kalangan pejabat pemerintah, TNI, dan juga pejabat di perusahaan swasta yang top management,” ucap Anton di acara peluncuran All New Land Cruiser dan New Fortuner, Kamis (13/1/2022).

Selain itu, All New Land Cruiser juga cocok untuk segmen premium yang menyukai mobil berpenggerak emapt roda (4x4) atau off road. Jadi segmen Land Cruiser bisa dibilang sangat spesifik dan permintaannya relatif stabil.

Sedangkan untuk New Fortuner, punya segmen pasar yang lebih bervariatif. Anton membaginya menjadi dua pasar, pertama pekerja di perusahaan swasta besar tapi bukan top management, tapi menengah.

“Yang banyak juga adalah kaum yang bekerja sendiri atau wirausaha. Mereka melihat Fortuner sebagai kendaraan utama yang banyak digunakan sehari-hari dalam mendukung pekerjaan mereka,” ucapnya.

Anton menjelaskan, kalau segmen pasar tadi hanya gambaran umum saja. Tentu ke depannya bisa terbuka segmen pasar lainnya, mungkin masuk ke anak muda di mana Fortuner kini punya mesin disel yang sangat bertenaga.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/01/13/174100715/ini-karakter-pembeli-all-new-toyota-land-cruiser-dan-new-fortuner

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke