Begini Proses Pembuatan Replika Robot dari Motor Bekas

Kompas.com - 13/01/2022, 12:12 WIB

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Seorang pria lulusan Seni Kriya Logam Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta bernama Eri Sudarmono membuat replika robot dengan bahan dasar motor bekas.

Orang yang juga merupakan penyuka motor tua tersebut awalnya bekerja sebagai pelukis di studio miliknya Er Studio Art. Namun setelah pandemi dan lukisannya sepi pesanan, Eri mendapat tawaran untuk membuat replika robot.

Baca juga: Polda Metro Jaya Resmi Buka Pendaftaran Balapan Liar, Ini Syaratnya

"Awalnya itu dari langganan dari China, suruh bikinkan replika robot. Karena dia pedangang itu pesen satu, kemudian suka dengan pengerjaannya terus lanjut terus sampai saya sudah kirim 30 unit ke China," kata Eri saat ditemui Kompas.com di studio miliknya, Rabu (12/1/2022).

Untuk proses pembuatannya, awalnya bahan baku dikumpulkan terlebih dahulu. Setelah itu motor bekas dibongkar untuk mengambil bagian yang bisa dimanfaatkan.

Proses pembuatan replika robot di Er Studio Art, Padukuhan Kauman, Kalurahan Gilangharjo, Kapanewon Pandak, Kabupaten Bantul, DI Yogyakarta, Kamis (14/11/2021). Sempat terpuruk dihantam pandemi, Eri Sudarmono yang sebelumnya seorang pelukis kini 'menyulap' motor tua menjadi replika robot yang bernilai ekonomi dan telah menembus pasar internasional.KOMPAS.com/MARKUS YUWONO Proses pembuatan replika robot di Er Studio Art, Padukuhan Kauman, Kalurahan Gilangharjo, Kapanewon Pandak, Kabupaten Bantul, DI Yogyakarta, Kamis (14/11/2021). Sempat terpuruk dihantam pandemi, Eri Sudarmono yang sebelumnya seorang pelukis kini 'menyulap' motor tua menjadi replika robot yang bernilai ekonomi dan telah menembus pasar internasional.

"Setelah motor masuk sini nanti saya bongkar semua dibersihkan terus yang plastik disendirikan. Part yang bagus juga saya sendirikan untuk bahan restorasi," kata dia.

Setelah dibongkar dan dibersihkan, sparepart motor bekas dipotong sesuai keinginan. Atau yang bisa digunakan tanpa harus memotong juga akan langsung dgunakan untuk membuat replika robot.

Baca juga: Cara Gampang Merawat AC Mobil agar Tetap Dingin

"Ya itu sesuai kebutuhan, kemudian nanti digabungkan dengan cara di las. Setelah itu detailing lalu diberi warna," ucap Eri.

Untuk waktu pengerjaan satu buah replika robot dengan dimensi tingi 3 meter, Eri membutuhkan waktu satu bulan pengerjaan. Namun dengan dibantu 14 karyawannya, Eri bisa membuat 5 buah robot dalam satu bulan.

Karya seni dari motor bekas buatan Eri dijual dengan harga Rp 25 juta hingg Rp 60 jutaan tergantung tingkat kerumitannya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.