Persiapan Ikut Street Race Ancol, Ini Pilihan Ban Drag Bike Lokal

Kompas.com - 13/01/2022, 11:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Balap liar adu kecepatan di trek lurus akan difasilitasi oleh Polda Metro Jaya di Ancol. Balap motor yang disebut dengan drag bike ini tidak hanya ditentukan oleh performa mesin.

Performa ban juga menjadi salah satu faktor penentu yang sangat penting untuk akselerasi motor. Penggunaan ban yang tepat akan membuat motor lebih terkendali dan mendapat traksi yang maksimal.

Baca juga: Polisi Resmi Gelar Balap Jalanan di Ancol, Ini Harga Tiketnya

Ban drag bike memang berukuran kecil, sebagian menyebutnya dengan 'ban cacing'. Namun, ban ini memiliki daya cengkram yang sangat baik ke aspal.

Salah satu peserta di Otomania Speedzone Drag Bike 2016.Otomania-Febri Ardani Saragih Salah satu peserta di Otomania Speedzone Drag Bike 2016.

Drag bike termasuk ajang balap yang banyak digelar di berbagai daerah di Indonesia. Tak sedikit juga kejuaraan yang diadakan. Maka itu, banyak pabrikan ban juga memproduksi ban balap tersebut.

Dodiyanto, Senior Brand Executive & Product Development PT Gajah Tunggal Tbk, produsen IRC Tire, mengatakan, ban termasuk komponen yang sangat vital di drag bike.

Baca juga: Ini Kelas yang Dilombakan pada Balap Liar Legal di Ancol

"Ban bisa jadi penentu kemenangan. Khususnya saat di awal, karena motor butuh akselerasi yang tinggi," ujar Dodiyanto, saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Dodiyanto menambahkan, ban balap untuk drag bike bisa dibeli di situs resmi pabrikan atau biasanya tersedia di bengkel atau toko speedshop. Sebab, peminatnya dari kalangan terbatas.

Untuk harga ban khusus drag bike ini, banderolnya cukup beragam, mulai dari Rp 200.000 hingga Rp 500.000. Berikut ini pilihan ban buatan lokal khusus untuk drag bike:

1. IRC Speed King

Ban balap khusus drag bikeDok. IRC Ban balap khusus drag bike

Di Thailand, ban ini menggunakan nama Eat My Dust. Melihat banyaknya konsumen yang rela beli dari Thailand, IRC pun akhirnya memproduksinya juga di Indonesia dengan nama Speed King.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.