Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Ragam Fitur Keselamatan pada Mobil

Kompas.com - 12/01/2022, 18:01 WIB
Serafina Ophelia,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Untuk meminimalisir cedera saat terjadi kecelakaan, banyak mobil saat ini sudah dilengkapi dengan fitur-fitur keselamatan yang canggih.

Tidak hanya untuk meminimalisir, beberapa fitur berguna untuk mencegah atau mengantisipasi terjadinya kecelakaan, misalnya safety belt atau seat belt yang berfungsi menahan pengemudi dan penumpang agar tidak terhempas saat ada goncangan pada mobil.

Umumnya, fitur-fitur ini memiliki nama yang berbeda-beda tergantung produsen mobilnya. Namun, semuanya memiliki fungsi atau konsep yang sama.

Baca juga: Mengemudi Bawa Anak Kecil, Wajib Aktifkan Fitur Keamanan Ini

Selain seat belt, berikut ini adalah fitur-fitur keselamatan yang ada pada kebanyakkan mobil saat ini:

1. Blind Spot Detector

Sesuai dengan namanya, fitur ini membantu pengemudi untuk memonitor blind spot atau titik-titik buta dari dalam mobil. Karena, ada beberapa area jalan yang tidak terlihat dari kabin pengemudi.

Training Director The Real Driving Center (RDC) Marcell Kurniawan mengatakan, fitur ini merupakan salah satu cara untuk meminimalisir blind spot.

"Selain memaksimalkan area pandang pada spion, pengemudi juga bisa menambah peranti lain seperti blind spot mirror atau blind spot detection system," ujar Marcell, seperti dikutip dari Kompas.com (11/1/2021).

Blind spot detector akan mengingatkan pengemudi, jika ada benda atau kendaraan lain yang terdeteksi di area mobil dan tidak terlihat oleh pengemudi. Peringatan yang dikeluarkan biasanya berupa kedipan lampu atau suara.

2. Airbag

Airbag merupakan salah satu fitur keselamatan berkendara yang paling penting. Fitur ini melindungi pengemudi dan penumpang di kabin saat terjadi kecelakaan, melindungi bagian-bagian vital seperti kepala, leher dan dada.

Fitur ini hanya akan aktif jika ada benturan di sudut-sudut mobil tertentu. Ketika terjadi benturan, airbag yang berisi gas nitrogen akan mengembang dengan cepat.

Saat mengembang, airbag melindungi penumpang agar tidak terbentur bagian-bagian interior mobil yang keras. Setelah mengembang, airbag akan mengempis secara perlahan. Umumnya, airbag akan aktif hanya beberapa milidetik setelah terjadi benturan pada bodi mobil.

Ilustrasi fitur keselamatan pada Toyota T-MatePAULTAN.org Ilustrasi fitur keselamatan pada Toyota T-Mate

Baca juga: Safety Belt, Fitur Keselamatan yang Kerap Disepelekan

3. Daytime Running Light

Fitur Daytime Running Light (DRL) adalah fitur keselamatan berupa lampu LED berwarna putih. DRL menyala secara otomatis ketika mesin mobil dinyalakan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com