Motor Bekas Dijadikan Replika Robot, Dijual Puluhan Juta Rupiah

Kompas.com - 13/01/2022, 09:12 WIB

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Memanfaatkan barang bekas hingga menjadi karya seni yang memiliki nilai jual tinggi tentu saja menjadi peluang bisnis yang menguntungkan.

Seperti yang dilakukan oleh Eri Sudarmono yang memanfaatkan motor bekas untuk dijadikan replika robot dan dijual hingga China dan Jerman. Untuk satu robotnya, Eri bisa menjualnya Rp 25 juta sampai dengan Rp 60 juta sesuai dengan tingkat kerumitannya.

Baca juga: Polda Metro Jaya Resmi Buka Pendaftaran Balapan Liar, Ini Syaratnya

"Kalau motor bekas yang digunakan itu motor bekas tahun lama seperti Yamaha V70, Suzuki Family, Suzuki RC, Jet Collet, kan hobi motor tua juga. Jadi yang ada suratnya kita kumpulkan, kemudian yang lainnya dibuat replika robot," kata Eri kepada Kompas.com Rabu (12/1/2022).

Untuk membuat satu buah replika robot setinggi 3 meter, Eri membutuhkan minimal 5 unit motor bekas. Satu unit motor bekas dibeli Eri sekitar Rp 500.000 sampai dengan Rp 800.000 dari penjualnya.

Salah satu karya replika robot berbentuk hewan dari bahan motor bekas buatan Eri SudarmonoArif Nugrahadi Salah satu karya replika robot berbentuk hewan dari bahan motor bekas buatan Eri Sudarmono

Motor bekas tersebut didapat dari sekitaran Yogyakarta dan penjual online. Eri mengaku tidak menggunakan motor tahun baru karena takut barang curian atau tidak resmi.

"Kalau tahun muda itu takutnya motor curian, karena kan saya cari juga banyak dengan harga murah. Kita juga tidak kenal penjualnya juga," ucap Eri.

Baca juga: Cara Gampang Merawat AC Mobil agar Tetap Dingin

Selain takut karena motor curian, alasan lain tidak menggunakan motor model baru karena motor model baru kebanyakan terbuat dari plastik yang tidak bisa dimanfaatkan untuk membuat replika robot.

"Kalau motor tua itu kan banyak bahan logamnya, kalau motor sekarang banyak yang plastik, makannya saya ambil yang motor tua," ucapnya.

Eri Sudarmono membuat replika robot dari bahan motor bekas. Karyanya sudah diekspor hingga luar negeri.Arif Nugrahadi Eri Sudarmono membuat replika robot dari bahan motor bekas. Karyanya sudah diekspor hingga luar negeri.

Sementara untuk bagian sepeda motor bekas yang dapat dimanfaatkan untuk membuat replika robot yakni semua bagian motor kecuali bagian plastik dan roda.

Baca juga: Jangan Panik, Lakukan Ini bila Rem Mobil Blong

"Yang bahan plastik atau ban itu tidak saya gunakan, besi sama alumunium itu saja gunakan. Semua part termasuk mesin, shockbreaker, rantai, gir, bahkan busi dan part kecil yang bisa di las saya pakai," terangnya.

Sedangkan untuk satu robot berukuran 3 meter dikerjakan selam satu bulan. Saat ini Eri juga dibantu oleh 14 karyawan yang memiliki tugas masing-masing. Mulai pembongkaran, perakitan, hingga mewarnai replika robot.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.