Honda Belum Rilis Harga Mobil 2022, Konsumen Pilih Booking

Kompas.com - 04/01/2022, 13:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Insentif Pajak Penjualan Atas Barang Mewah (PPnBM) 100 persen hanya berlaku sampai akhir 2021. Honda termasuk salah satu pabrikan yang merasakan kebijakan tersebut.

Beberapa mobil Honda yang mendapatkan insentif PPnBM, mulai dari Brio, Mobilio, BR-V, City Hatchback, HR-V, dan CR-V. Memasuki 2022, jika mengikuti regulasi, harusnya harga mobil tersebut kembali menjadi normal alias dikenakan pajak lagi.

Baca juga: PPnBM LCGC Jadi 3 Persen, Harga Honda Brio Satya Bakal Naik

"Harga mengikuti 2022, isunya akan diperpanjang, tapi masih tentatif," ujar salah satu tenaga penjual Honda di Depok, kepada Kompas.com, Selasa (4/1/2022).

Diler Honda Sanggar Laut Selatan 2, Makassar.Istimewa Diler Honda Sanggar Laut Selatan 2, Makassar.

Pramuniaga tersebut menambahkan, untuk daftar harga 2022 belum dikeluarkan, kemungkinan tanggal 10 Januari 2022 baru akan keluar, sambil menunggu kepastian kebijakan PPnBM.

"Banyak konsumen yang cuma booking dan menunggu PPnBM," kata pramuniaga Honda.

Salah satu pramuniaga Honda di Jakarta, mengatakan, misalkan konsumen ingin inden 2022, harga tidak mengikat. Jika ada kenaikan, maka banderol yang sekarang akan berubah ikut naik.

Baca juga: Honda Ungkap Calon Pesaing Voxy dan Serena, Siap Meluncur 2022

"Tapi, jika PPnBM diperpanjang, maka harga akan turun. Kalau mau inden, pakai harga sekarang dulu, semisal ada kebijakan mengenai kenaikan harga, BBN dan PPnBM, akan diinfokan," kata pramuniaga Honda.

Honda City Sedan di booth Honda pada GIIAS 2021.KOMPAS.com/DIO DANANJAYA Honda City Sedan di booth Honda pada GIIAS 2021.

Saat ditanyakan ke PT Honda Prospect Motor (HPM) terkait update harga untuk 2022, Sales & Marketing Director PT HPM Yusak Billy, mengatakan, memang belum mengeluarkan harga resmi untuk tahun ini.

"Kita akan segera rilis yah, tentunya dengan aturan yang berlaku saat ini. Tunggu nanti di website resmi kami akan segera di-update," ujar Billy, ketika dihubungi Kompas.com, Selasa (4/1/2022).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.