Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Honda Belum Rilis Harga Mobil 2022, Konsumen Pilih Booking

JAKARTA, KOMPAS.com - Insentif Pajak Penjualan Atas Barang Mewah (PPnBM) 100 persen hanya berlaku sampai akhir 2021. Honda termasuk salah satu pabrikan yang merasakan kebijakan tersebut.

Beberapa mobil Honda yang mendapatkan insentif PPnBM, mulai dari Brio, Mobilio, BR-V, City Hatchback, HR-V, dan CR-V. Memasuki 2022, jika mengikuti regulasi, harusnya harga mobil tersebut kembali menjadi normal alias dikenakan pajak lagi.

"Harga mengikuti 2022, isunya akan diperpanjang, tapi masih tentatif," ujar salah satu tenaga penjual Honda di Depok, kepada Kompas.com, Selasa (4/1/2022).

Pramuniaga tersebut menambahkan, untuk daftar harga 2022 belum dikeluarkan, kemungkinan tanggal 10 Januari 2022 baru akan keluar, sambil menunggu kepastian kebijakan PPnBM.

"Banyak konsumen yang cuma booking dan menunggu PPnBM," kata pramuniaga Honda.

Salah satu pramuniaga Honda di Jakarta, mengatakan, misalkan konsumen ingin inden 2022, harga tidak mengikat. Jika ada kenaikan, maka banderol yang sekarang akan berubah ikut naik.

"Tapi, jika PPnBM diperpanjang, maka harga akan turun. Kalau mau inden, pakai harga sekarang dulu, semisal ada kebijakan mengenai kenaikan harga, BBN dan PPnBM, akan diinfokan," kata pramuniaga Honda.

Saat ditanyakan ke PT Honda Prospect Motor (HPM) terkait update harga untuk 2022, Sales & Marketing Director PT HPM Yusak Billy, mengatakan, memang belum mengeluarkan harga resmi untuk tahun ini.

"Kita akan segera rilis yah, tentunya dengan aturan yang berlaku saat ini. Tunggu nanti di website resmi kami akan segera di-update," ujar Billy, ketika dihubungi Kompas.com, Selasa (4/1/2022).

https://otomotif.kompas.com/read/2022/01/04/131200015/honda-belum-rilis-harga-mobil-2022-konsumen-pilih-booking

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke