Ganjil Genap Berlaku di Kawasan Wisata untuk Seluruh Kendaraan

Kompas.com - 01/01/2022, 13:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Mengawali 2022, kebijakan ganjil genap diberlakukan di sejumlah kawasan wisata pada Sabtu dan Minggu atau 1-2 Januari 2022 untuk kendaraan roda empat dan dua.

Putusan tersebut diberlakukan dengan tujuan mengurangi kepadatan dari kendaraan bermotor di lokasi wisata ketika akhir pekan. pada wilayah DKI Jakarta, kebijakan berlaku di tiga kawasan.

Baca juga: 13 Truk ODOL Terjaring Penegakan Hukum di Tol Jakarta-Cikampek

"Alasan diberlakukannya kebijakan ini, karena sejumlah tempat wisata di Jakarta mulai dibuka pascaperubahan level PPKM dari level 2 ke level 1," kata Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Sambodo Purnomo Yogo, Sabtu (1/1/2022).

Adapun tiga kawasan wisata DKI Jakarta yang dimaksud ialah, Taman Mini Indah (TMII) Jakarta Timur, Taman Impian Jaya Ancol (TIJA) Jakarta Utara, dan Taman Margasatwa Ragunan, Jakarta SElatan.

Ganjil genap Jakarta hari Sabtu dan Minggu (1-2 Januari 2022) yang berlaku di sejumlah kawasan wisata, juga diterapkan bagi kendaraan roda dua.

Baca juga: Tarif Parkir di Kota Bandung Naik Mulai Hari Ini

Kemacetan terpantau di Jalan Raya Margonda tepatnya di titik ITC Depok mengarah ke persimpangan Ramanda-Jalan Arif Rahman Hakim pada Minggu (5/12/2021) siang.KOMPAS.com/WAHYU ADITYO PRODJO Kemacetan terpantau di Jalan Raya Margonda tepatnya di titik ITC Depok mengarah ke persimpangan Ramanda-Jalan Arif Rahman Hakim pada Minggu (5/12/2021) siang.

Pelaksanaan ganjil genap Jakarta Sabtu dan Minggu di kawasan wisata diberlakukan mulai Jumat pukul 12.00 WIB hingga hari Minggu pukul 18.00 WIB.

"Pada jam-jam tersebut merupakan waktu terpadat bagi masyarakat yang berkunjung ke tempat wisata," kata dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.