Keuntungan Pakai Ban Tubeless, Tekanan Udara Jadi Lebih Awet

Kompas.com - 28/12/2021, 19:01 WIB

JAKARTA, KOMPAS.comBan motor tubeless saat ini memang menjadi hal yang umum digunakan pada kendaraan roda dua. Bahkan ketika beli motor baru, pabrikan sudah menyematkan ban model tubeless pada produknya.

Salah satu keunggulan ban tubeless yang sudah banyak diketahui adalah tidak langsung kempis saat tertusuk benda tajam. Jadi motor masih bisa dikendarai sampai bertemu bengkel tambal ban untuk diperbaiki.

Namun ada satu kelebihan lainnya yang dimiliki ban tubeless dibanding ban biasa yang masih menggunakan ban dalam. Kelebihan tersebut yakni tekanan udara yang lebih awet.

Baca juga: Ada Dispensasi SIM Buat yang Habis Masa Berlaku saat Tahun Baru

Pelek Honda X-ADV memiliki desain khusus untuk ban tubeless.Donny Dwisatryo Priyantoro Pelek Honda X-ADV memiliki desain khusus untuk ban tubeless.

Jimmy Handoyo, Technical Service & Development Ban FDR mengatakan, ban tubeless memiliki tambahan lapisan yang ada di bagian dalam ban atau dikenal dengan inner liner.

"Kalau kerapatan pori-pori, relatif sama (tubeless dan tube type). Namun ban tubeless ada tambahan lapisan inner liner yang fungsinya sama seperti ban dalam yang menahan angin keluar," ucapnya kepada Kompas.com, Selasa (28/12/2021).

Lapisan inner liner ini yang membuat angin tertahan untuk keluar, jadi bisa dibilang tekanannya lebih awet dibanding ban tube type. Jimmy menambahkan, jika mau tekanan udara ban awet, salah satu caranya adalah dengan merawat ban.

Baca juga: Fortuner Legender Meluncur Awal Tahun 2022, Ini Bocoran Variannya

Merawat ban sebenarnya cukup gampang, hal yang dilakukan adalah mengecek rutin tekanan udara. Sesuaikan tekanan udara yang ada pada ban dengan rekomendasi pabrikan. Selain itu, kebersihan ban juga perlu dijaga.

"Bersihkan kerikil yang tersangkut pada pattern ban. Lalu bersihkan juga tanah atau lumpur di ban supaya tidak berkerak," kata Jimmy.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.