Masa Berlaku SIM Habis Saat LIbur Natal, Ada Dispensasi Hari Senin

Kompas.com - 26/12/2021, 09:01 WIB
Biaya perpanjang SIM C tertuang dalam Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 2016 polri.go.idBiaya perpanjang SIM C tertuang dalam Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 2016
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Pada masa libur Hari Raya Natal yang jatuh pada hari Sabut, 25 Desember 2021, Satuan Penyelenggara Administrasi (Satpas) SIM di sejumlah wilayah tutup sementara.

Kombes Tri Julianto Djatiutomo, Kepala Sub Direktorat SIM Ditregident Korlantas Polri, mengatakan, aturan ini mengacu pada Surat Telegram Kapolri Nomor ST/12589/XII/YAN.1.1./2021.

“Sehubungan dengan referensi tersebut, bahwa disampaikan kepada kepala tentang pelaksanaan pelayanan penerbitan SIM pada libur Natal 2021,” ujar Djati, kepada Kompas.com (25/12/2021).

Baca juga: Motor Listrik Ovaobike CT-X, Tenaganya Saingi Nmax

Peserta uji Surat Izin Mengemudi (SIM) sedang melakukan uji praktik di Satpas SIM, Daan Mogot, Jakarta Barat, Rabu (24/11/2021).Kompas.com/MITA AMALIA HAPSARI Peserta uji Surat Izin Mengemudi (SIM) sedang melakukan uji praktik di Satpas SIM, Daan Mogot, Jakarta Barat, Rabu (24/11/2021).

“Pada hari Sabtu tanggal 25 Desember 2021 adalah libur nasional Hari Raya Natal sehingga pelayanan SIM diliburkan,” kata dia.

Meski begitu, Korlantas Polri menyiapkan dispensasi bagi pemilik SIM yang habis masa berlakunya pada saat Natal.

“Masa berlaku SIM adalah 5 tahun dan apabila masa berlakunya habis pada hari libur nasional, maka dapat melakukan perpanjangan SIM pada satu hari berikutnya di hari buka pelayanan SIM,” ucap Djati.

Baca juga: Tarif Baru Bus AKAP PO Primajasa Jurusan Jakarta-Bandung

Ilustrasi aplikasi SINAR untuk membuat dan memperpanjang SIM online.KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto Ilustrasi aplikasi SINAR untuk membuat dan memperpanjang SIM online.

Djati juga menambahkan, karena satu hari setelah Natal merpakan hari Minggu, 26 Desember 2021.

Maka pemilik SIM yang habis masa berlakunya bisa perpanjang pada hari berikutnya, yakni pada Senin, 27 Desember 2021.

“Senin tandanya bisa perpanjang, karena Minggu kan libur,” kata Djati.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.