Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pelayanan Bus Trayek ke Sumatera Kini Makin Nyaman

Kompas.com - 25/12/2021, 17:42 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.comBus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) dengan tujuan berbagai kota di Sumatera saat ini semakin nyaman. Pelayanan setiap PO bus dengan trayek tersebut mulai berbenah, memberikan servis terbaik.

Sebelumnya, PO bus dengan trayek ke Sumatera biasanya cuma tersedia kelas ekonomi. Tidak banyak fitur yang disematkan di kabin bus, bangku disusun 2-2 tanpa leg rest dan itu saja, cukup sederhana.

Namun sekarang, mulai hadir bus-bus dengan kelas eksekutif, bangku dengan leg rest yang lega, Audio Video On Demand (AVOD), bahkan servis makan. Tentu saja ini menjadi hal yang baik untuk penumpangnya.

Baca juga: Musuh Utama Mesin Turbo pada Mobil, Jangan Diabaikan

Kursi bus AKAPHai Rimba Kencana Kursi bus AKAP

Dalfian Alnasvi, Kepala Cabang PO ANS Jakarta mengatakan, awalnya bus PO ANS hanya tersedia kelas dengan 40 bangku, kemudian mulai diubah menjadi 36 bangku agar jarak antar bangku jadi lebih lega.

“Sepertinya pelanggan mulai mencari kenyamanan, harga mereka enggak terlalu masalah. Lalu akhirnya kita lihat bus-bus Jawa, ternyata ada pasarnya untuk bangku dengan leg rest,” ucap Ian kepada Kompas.com, Sabtu (25/12/2021).

PO MPM menjadi yang pertama menghadirkan bus dari Jawa ke Sumatera dengan bangku leg rest sekitar 2019. Kemudian PO ANS pun turut berinovasi membuat Royal Class yang berisi 30 bangku jumbo dengan armrest dan leg rest.

Baca juga: Begini Cara Parkir Aman di Tanjakan bagi Pengguna Mobil Matik

“Kita bikin juga bangku itu nyaman, model jumbo, dengan arm rest super eksekutif dan leg rest, kita olah di Hai Rimba Kencana. Ketika dihitung-hitung, masih masuk harganya walaupun hanya 30 bangku dan kita PD karena pasarnya ada,” kata Ian.

Ternyata memang benar, nampaknya penumpang mulai bergeser dan mengincar kenyamanan walaupun harus mengeluarkan ongkos lebih. Operator bus lain pun mulai mengikuti dengan menghadirkan layanan yang serupa, yakni bangku leg rest yang lega.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com