Cara Kerja Scanner Mobil, untuk Pengecekan dan Perawatan Rutin

Kompas.com - 17/12/2021, 11:22 WIB
Ilustrasi alat scanner mobil Ancel OBD2 Dok. ShopeeIlustrasi alat scanner mobil Ancel OBD2

JAKARTA, KOMPAS.com – Dewasa ini semua mobil baru yang telah mengusung sistem injeksi umumnya memiliki Electronic Control Unit (ECU) yang berfungsi mengatur berbagai informasi dan fungsi dari mobil.

ECU bekerja secara terintegrasi dengan sistem-sistem di mobil melalui sensor. Melalui ECU, segala informasi mengenai kondisi mobil bisa dibaca dengan alat scanner.

Stevanus Jasin, pemilik sekaligus pengelola bengkel Provis Autolab, mengatakan, scanner jadi alat wajib yang dimiliki bengkel-bengkel untuk melakukan pengecekan dan perawatan mobil. Fungsi scanner sederhananya seperti alat diagnosis kesehatan mobil modern.

Baca juga: Lebih Mahal Rp 15 Juta, Apa Istimewanya Honda CR-V Black Edition?

Baca juga: Begini Syarat Bepergian Selama Libur Nataru 2022

Bengkel uji emisi kendaraanKOMPAS.com/Ruly Bengkel uji emisi kendaraan

Alat scanner adalah alat khusus untuk mendeteksi adanya kerusakan di mesin dan sistem kelistrikan, dicolok ke soket OBD (on board diagnostic),” ujar Jasin, kepada Kompas.com (16/12/2021).

Scanner hanya bisa dipergunakan di mobil modern yang sudah menggunakan ECU atau yang sudah sistem injeksi. Karena data yang diberikan ke scanner berasal dari sensor-sensor pada mesin dan fungsi kelistrikan,” kata dia.

Meski begitu, tidak semua area pada mesin dan kelistrikan mobil ada sensornya. Sehingga, tidak semua kerusakan bisa terdeteksi dengan scanner.

Baca juga: Jangan Asal, Begini Cara Pindah Gigi yang Benar pada Mobil Manual

Baca juga: Sensasi Toyota Fortuner 2.4 VRZ Diesel Melibas Jakarta-Yogyakarta

Tampilan mesin Toyota Yaris yang digeber Muhamad Arya Rafi (17/10/2021).KOMPAS.com/DIO DANANJAYA Tampilan mesin Toyota Yaris yang digeber Muhamad Arya Rafi (17/10/2021).

“Apabila di area tersebut tidak ada sensornya, tidak bisa pakai scanner. Atau juga, apabila sensor yang bersangkutan tidak lagi berfungsi dengan baik,” ucap Jasin.

Sementara itu, menurut Jasin, scanner mobil secara umum dibagi dua jenis. Scanner yang didedikasikan khusus untuk merek mobil yang bersangkutan, dan scanner universal yang bisa dipakai untuk memindai berbagai merek mobil.

Dan, bengkel umum bisa memiliki berbagai macam scanner. Termasuk scanner-scanner yang didedikasikan khusus untuk merek tertentu.

Baca juga: Jelang Nataru, Polda Jabar Terapkan Ganjil Genap di Kota Bogor

Baca juga: Duo Korsel Masih Terseok-seok di Tengah Dominasi Jepang

Ilustrasi servis mobilDOK. PEXELS Ilustrasi servis mobil

Scanner-scanner universal biasanya tidak bisa mendapatkan hasil yang detail seperti scanner yang dedicated,” kata Jasin.

“Sementara scanner dedicated perlu di-update secara berkala, dengan selalu keluarnya fitur-fitur baru dari sebuah mobil, serta tipe-tipe baru dari merek tertentu,” ujar dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.