Jangan Asal, Begini Cara Pindah Gigi yang Benar pada Mobil Manual

Kompas.com - 16/12/2021, 15:21 WIB
Transmisi manual Wuling Confero. IstimewaTransmisi manual Wuling Confero.

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat melakukan perpindahan transmisi atau gigi pada mobil manual merupakan hal yang gampang-gampang susah.

Kalau untuk pengemudi yang sudah terbiasa menggunakan mobil manual tentu hal ini tak menjadi masalah bahkan sudah di luar kepala.

Tapi bagaimana dengan pengemudi yang tidak terbiasa menggunakan mobil manual? Kondisi ini tentu bukan hal yang mudah, mengingat saat mengemudikan mobil matik, transmisi bisa berpindah secara otomatis.

Baca juga: Bisakah Bersihkan Dasbor Mobil Pakai Baking Soda, Tisu Bayi, dan Pasta Gigi?

Bahkan tidak jarang kesalahan tersebut menyebabkan timbulnya suara “krak” yang cukup keras saat gigi transmisi berpindah.

Untuk mobil manual, saat melakukan pemindahan transmisi, pengemudi harus menekan pedal kopling terlebih dahulu.

Kepala Bengkel Auto2000 Cilandak Suparna menjelaskan, saat mengendarai mobil manual perpindahan gigi transmisi harus menunggu kopling benar-benar sudah menekan.

Dengan begitu, maka tenaga akan rilis semua, yaitu antara flywheel atau roda gila dengan cover cluth atau cover kopling sudah terbebas.

Posisi kaki kiri tengah menginjak kopling saat mengendarai mobil bertransmisi manual.Youtube/Maxresdefault Posisi kaki kiri tengah menginjak kopling saat mengendarai mobil bertransmisi manual.

“Dalam kondisi ini putaran dari mesin sudah tidak menggerakkan gigi transmisi. Barulah bisa dilakukan pemindahan gigi percepatan,” kata Suparna saat dihubungi Kompas.com belum lama ini.

Jika langkah yang dilakukan sudah benar, gigi transmisi akan berpindah secara smooth atau lembut. Hal ini salah satunya karena adanya sistem pemindah gigi sinkromes.

“Jadi saat akan melakukan pemindahan dengan tongkat transmisi, kita sudah melakukan pengereman pada putaran gigi transmisi. Sehingga tidak terjadi benturan, tapi kalau tidak benar akan terdengar bunyi ‘krak’,” ucap Suparna.

Baca juga: Jalan Berbayar Elektronik Diharapkan Berlaku Tahun Depan

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.