Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ducati Desert X 2022 Usung Kesan Retro

Kompas.com - 12/12/2021, 15:01 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ducati Desert X 2022 hadir setelah versi konsepnya pertama kali muncul pada 2019. Mengambil konsep motor enduro 1980-an, motor ini punya desain ala Paris-Dakar.

Didesain sebagai motor serba guna berbagai kondisi jalan, motor dibekali dengan tangki bahan bakar 21 liter dengan tangki sekunder di subframe belakang sebanyak delapan liter.

Mengutip Paultan, transfer bahan bakar dari tangki belakang ke tangki depan diaktifkan ketika bahan bakar di tangki utama turun di bawah level tertentu dan dapat diaktifkan dari dasbor.

Baca juga: Awas Macet, Ganjil Genap Margonda Depok Masih Berlaku Siang Ini

Ducati Desert X 2022 Foto: Paultan.org Ducati Desert X 2022

Motor dibekali dengan enam mode berkendara agar sesuai karakter lintasan aspal dan off road. Selain mode berkendara Sport, Touring, Urban dan Wet, Desert X hadir dengan mode Enduro dan Rally baru.

Dalam mode Enduro, tenaga dari mesin dikurangi, memungkinkan pengendara untuk mengatasi jalan tanah lebih aman buat pengendara yang kurang berpengalaman.

Untuk pengendara yang sudah berpengalaman, mode Rally akan melepaskan tenaga penuh dan mengurangi kontrol elektronik, memberi pengendara kendali penuh atas motor.

Fitur elektroniknya mencakup Engine Brake Control (EBC), Ducati Traction Control (DTC), Ducati Wheelie Control (DWC), Ducati Quick Shift (DQS) Up & Down dan ABS Cornering.

Baca juga: Sensasi Berkendara Mobil Listrik Lexus UX 300e, Tenaga Berlimpah

Ducati Desert X 2022 Foto: Paultan.org Ducati Desert X 2022

ABS Cornering dapat diatur ke salah satu dari tiga level dalam mode berkendara Sport, Touring, Urban dan Wet, dan sepenuhnya dimatikan dalam mode Enduro dan Rally.

Informasi penting dapat dilihat dari instrumen klaster TFT-LCD 5 inci dengan konektivitas Bluetooth ke ponsel pengendara sebagai opsi dengan biaya tambahan.

Suspensi depan Kayaba upside down diameter 46 mm dengan jarak main 230 mm, sementara bagian belakang ditopang dengan monoshock Kayaba dengan dengan jarak main 220 mm.

Baca juga: Viral Ujian SIM C Indonesia Disebut Sulit, Ini Kata Pakar Keselamatan

Ducati Desert X 2022 Foto: Paultan.org Ducati Desert X 2022

Ukuran pelek depan 21 inci dan belakang 18 inci. Ban depan Pirelli Scorpion Rally STR tubeless ukuran 90/90-21 dan belakang 150/70 R18.

Rem depan Brembo M50 Monobloc empat piston menjepit cakram ganda 320 mm, dan rem belakang cakram tunggal berdiameter 265 mm dijepit kaliper dua piston.

Mesinnya dicangkok dari Ducati Testastretta 11 937 cc V-twin, menghasilkan 110 tk pada 9.250 rpm dan torsi 92 Nm pada 6.500 rpm. Mesin sudah lolos standar emisi Euro-5.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com