Pengemudi Ini Lupa Tutup Sunroof Saat Parkir, Air Hujan Masuk ke Dalam Kabin

Kompas.com - 12/12/2021, 12:01 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pengemudi mobil diharuskan untuk selalu siaga dan cermat baik saat mengemudi maupun memarkirkan mobilnya. Jangan sampai melakukan keteledoran yang berakibat fatal.

Seperti contohnya dalam unggahan video di akun Tiktok @bang_iyuz_grosir belum lama ini. Disebutkan oleh si perekam bahwa ia lupa menutup sunroof mobilnya saat dalam posisi terparkir di tempat terbuka.

Alhasil, ia harus kehujanan di dalam kabin mobil. Meski akhirnya sunroof telah ditutup, air sudah terlanjur merembes ke dalam plafon hingga membuat kebocoran di langit-langit kabin. Air nampak menetes deras dekat dengan lampu kabin.

Baca juga: Mana Lebih Nyaman, Toyota All New Avanza atau All New Veloz?

Dari perspektif safety, ceroboh hingga lupa menutup sunroof terbilang berbahaya, apalagi saat tengah musim penghujan seperti saat ini. Sony Susmana, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI), membeberkan sejumlah alasannya.

@bang_iyuz_grosir

lupa di tutup,kurang rapet

? suara asli - bang iyuz

"Dari sisi safety pastinya ada komponen yang rusak akibat keteledoran pengemudi. Ini tidak boleh disepelekan terutama kelistrikannya," ucap Sony kepada Kompas.com, Minggu (12/12/2021).

"Hal tersebut dapat menimbulkan karat di kemudian hari dan bisa berakibat malfunction atau korsleting," katanya melanjutkan.

Baca juga: Ini Daftar Mobil Baru Calon Penerima Diskon PPnBM Permanen

Menilik kasus mobil terbakar yang tidak sedikit jumlahnya di sepanjang 2021 ini, umumnya disebabkan korsleting komponen kelistrikannya. Tentu tidak ada seorang pun yang menginginkan hal tersebut terjadi kembali.

Sony juga menyorot material kabin yang memang tidak didesain waterproof alias tahan air. Jika tidak dikeringkan dengan benar, jamur akan tumbuh di dalam kabin yang lembab. Bau tidak sedap pun bisa muncul dan mengganggu kenyamanan mengemudi.

"Pelajarannya adalah, selalu membiasakan mengecek semua komponen mobil untuk dimatikan dan ditutup sebelum engine off. Serta tidak keluar dari kabin secara tergesa-gesa agar tidak ada hal vital yang terlewat," kata Sony menegaskan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.