Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sensasi Berkendara Mobil Listrik Lexus UX 300e, Tenaga Berlimpah

Kompas.com - 12/12/2021, 07:41 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Kompas.com akhirnya berkesempatan merasakan impresi berkendara dari Lexus UX 300e, mobil listrik berbasis baterai (BEV) pertama yang diluncurkan PT Toyota Astra Motor (TAM).

Melihat dapur pacunya, EX 300e mengusung Permanent Magnet Motor, yang merupakan motor listrik pertama Lexus dengan tenaga 200 tk dan torsi 300 Nm.

Mobil ini dilengkapi dengan baterai lithium ion berkapasitas 54,3 kWh dengan 288 large capacity battery cells.

Baca juga: Tanggapan Honda Soal PPnBM 0 Persen Permanen

Lexus UX 300eKOMPAS.com/DIO DANANJAYA Lexus UX 300e

Spek mesinnya mungkin tidak terlalu istimewa. Jika dikonversi, spek motor listrik ini cukup setara dengan mesin bensin berkapasitas 2.000 cc hingga 2.500 cc.

Namun memang karakter mobil listrik terasa berbeda bila dibandingkan mobil konvensional. Akselerasi yang bisa diraih sejak putaran bawah tanpa kesulitan berarti, membuat mobil ini begitu lincah di jalan tol.

Hal inilah yang kami rasakan saat menggunakan UX 300e dalam acara Kompas Otomotif Challenge (KOC) 2021 dari Jakarta menuju Yogyakarta. Dengan torsi yang besar, menyalip mobil di jalan tol adalah pekerjaan yang mudah.

Baca juga: Calon MPV Baru Toyota Siap Meluncur Bulan Depan

Desain interior Lexus UX 300eKOMPAS.com/DIO DANANJAYA Desain interior Lexus UX 300e

Bahkan pada mode Eco saja, akselerasi mobil sudah terasa begitu cepat. Jika siap dengan performa beringas, silakan pindahkan ke mode Sport. Maka mobil seakan mengajak pengemudi untuk lebih ugal-ugalan.

Selain memiliki dapur pacu yang bertenaga, pengendalian mobil ini juga terbilang baik untuk sebuah SUV kompak.

Gejala limbung saat melaju di kecepatan tinggi cukup minim. Terlebih bantingan suspensi juga sangat baik, cenderung seperti mobil-mobil Eropa yang tidak keras tapi juga tidak terlalu empuk.

Baca juga: Ini Daftar Mobil Baru Calon Penerima Diskon PPnBM Permanen

Lexus UX 300eKOMPAS.com/GILANG SATRIA Lexus UX 300e

UX 300e juga menyediakan fitur rem regeneratif yang bisa menyimpan energi saat melakukan deselerasi.

Fitur ini dapat digunakan dengan tuas yang menyerupai paddle shift di balik kemudi. Tuas di sebelah kanan berfungsi untuk mengurangi efek rem regeneratif, sementara yang sebelah kiri untuk menambah.

Namun mobil ini hanya menyediakan tiga level rem regeneratif. Tuasnya pun tidak bisa dipencet terus menerus. Sehingga tidak memungkinkan untuk berkendara dengan hanya satu pedal.

Baca juga: Mana Lebih Nyaman, Toyota All New Avanza atau All New Veloz?

Konsumsi daya listrik yang tercatat pada MID Lexus UX 300eKOMPAS.com/DIO DANANJAYA Konsumsi daya listrik yang tercatat pada MID Lexus UX 300e

Kekedapan kabin mobil ini juga baik, selama berkendara kami hanya mendengar suara bising dari roda. Visibilitasnya pun demikian, lantaran ukuran bodi yang terbilang ringkas.

Sementara itu, bicara soal efisiensi daya listrik UX 300e, saat melaju di rute luar kota dengan jarah sejauh 587,9 km, konsumsi daya yang tercatat pada MID mobil ini menghasilkan 6,4 km per kWh.

Artinya dengan kapasitas baterai 54,3 kWh, sejatinya mobil ini bisa melaju hingga 460,7 km, lebih jauh dari klaim jarak tempuh pabrikan yang berada di angka 300 km.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com