Curhat Pengemudi Wanita yang Menjadi Korban Kejahatan di Jalan Raya

Kompas.com - 12/12/2021, 13:41 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com - Maraknya kejahatan yang terjadi di jalan raya saat ini menuntut para pengemudi mobil untuk lebih berhati-hati, terutama bagi para pengemudi wanita.

Seperti insiden baru-baru ini terjadi, menimpa wanita bernama Kumalameta. Ia membagikan kisahnya yang menjadi korban kejahatan di jalan melalui Instagram pribadinya.

Kejadian bermula saat Kumala sedang dalam perjalanan pulang kerja. Ketika tiba di Jalan Sunan Sedayu, Jakarta Timur, ada pria menggunakan sepeda motor yang mendekati kaca mobilnya sambil berbicara sesuatu.

Namun karena tidak terdengar dari dalam mobil, Kumala pun mengabaikan dan melanjutkan perjalanan.

Selang beberapa meter, pengendara motor lain kembali menghampiri mobilnya sambil mengetuk kaca spion dan menunjukan mobil belakangnya. Ia pun tetap melanju tanpa menghiraukan.

Baca juga: Yamaha WR 155R Diajak Taklukan Bukit Hambalang

“Namun selang beberapa meter, ada lagi seorang pria ketok kaca mobil saya kembali sambil bicara agak keras, "itu mobil belakang bahayain orang". Lalu saya melipir ke tepi jalan sambil cari tempat agak terang, persis di depan PT. JMT Jalan Jatinegara. Pas saya keluar mobil, ternyata ada pria masuk dari pintu kiri mengambil tas saya (persis kaya yang ada di CCTV),” tulis keterangan dalam unggahan tersebut.

Kejahatan seperti ini bukan yang pertama kalinya terjadi. Untuk itu ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh pengendara terutama untuk pengemudi wanita.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by kumalameta (@kumalameta)

Director and Founder Real Driving Centre (RDC) Roslianna Ginting mengatakan, ada cara mudah yang bisa dilakukan oleh pengemudi sebelum berkendara, sehingga tidak ada gangguan di jalan ataupun bahaya yang bisa terjadi.

Pengemudi wajib untuk melakukan pemeriksaan kendaraan atau POWDER, yakni Petrol, Oil, Water, Damage, Electrical dan Rubber,” ucap Roslianna saat dihubungi Kompas.com, Minggu (12/11/2021).

Ia melanjutkan, pengemudi harus pastikan posisi bensin selalu tersedia, minimal seperempat atau lebih baik setengah tangki. Kemudian selalu cek batas posisi oli dan masa ganti oli serta pastikan cek ketersedian air aki, air wiper dan air radiator. Pastikan semua sesuai ukuran standar.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.