Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenapa Kucing Suka Tidur di Kolong atau Kap Mesin Mobil?

Kompas.com - 12/12/2021, 12:21 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Tak jarang pemilik kendaraan menemukan kucing sedang berteduh di kolong maupun kap mobil, terutama saat memasuki musim hujan seperti ini.

Alhasil, pemilik mobil diharapkan lebih berhati-hati dengan kebiasaan kucing tersebut. Sebab, jika tidak, bukan tak mungkin bisa membahayakan si kucing.

Dokter Hewan Adi Nugraha mengatakan, berteduh di kap atau kolong mobil merupakan naluri alamiah kucing mencari tempat yang hangat untuk tempat berlindung dan beristirahat.

“Di kap dan kolong mobil biasanya hangat dan tersembunyi, jadi kucing merasa nyaman dari gangguan orang ataupun kucing yang lain,” ucap Adi saat dihubungi Kompas.com, Sabtu (11/12/2021).

Baca juga: Apakah Fasilitas TV dalam Bus Masih Dibutuhkan?

Sangat disarankan, sebelum menyalakan mesin mobil sebaiknya ketuk-ketuk kap mobil terlebih dahulu. Selanjutnya, luangkan waktu berkeliling kendaraan untuk melihat sekitar roda hingga kolong mobil.

Cara terakhir adalah membunyikan klakson mobil. Menurut Adi, hewan akan kaget dan pergi bila mendengar suara keras seperti klakson. Dibunyikan beberapa kali untuk memastikan hewan tersebut pergi menjauh.

Kucing yang tersangkut di bumperSan Diego Department of Animal Services Kucing yang tersangkut di bumper

“Walaupun mobil sudah menggunakan cover pelindung, kucing atau tikus pasti punya cara untuk masuk. Jadi sebaiknya di cek sampai kolong mobil atau bisa juga membunyikan klakson sebelum menyalakan mobil,” kata dia.

Baca juga: Awas Macet, Ganjil Genap Margonda Depok Masih Berlaku Siang Ini

Hal serupa juga diungkapkan oleh Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana. Pemilik mobil agar membiasakan diri mengelilingi mobil atau klakson terlebih dahulu untuk memastikan tidak ada binatang yang berlindung di kolong mobil.

“Beberapa binatang yang mendengar mesin mobil dihidupkan biasanya pasti akan lari. Tetapi tidak demikian untuk anak kucing atau anjing. Makanya lebih baik kelilingi mobil dulu sebelum berkendara. Setelah itu, bunyikan klakson dua kali untuk tanda bahwa mobil akan bergerak,” kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com