Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lazada Hadirkan Program Otomotif Anak Negeri

Kompas.com - 11/12/2021, 11:55 WIB
Aditya Maulana

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mendukung perekonomian lokal, khususnya di industri otomotif. Bentuknya pun berbeda-beda, seperti yang dilakukan Lazada Indonesia yang meluncurkan program Otomotif Anak Negeri di kanal Lazada Pojok Otomotif.

Langkah tersebut dilakukan oleh perusahaan e-commerce ini untuk mendukung perekonomian lokal, khususnya di bidang otomotif. Apalagi di masa pandemi seperti sekarang ini, agar pergerakan masyarakat semakin tumbuh lagi.

Perlu diketahui, Pojok Otomotif itu merupakan kanal khusus kebutuhan produk maupun jasa servis otomotif di Lazada ini memiliki ratusan seller, yang 90 persennya merupakan seller UMKM lokal.

Baca juga: Lazada Punya Pojok Otomotif dan Bantu UMKM Lokal

Canggih Satriatama, VP, Commercial - Automotive, Lazada Indonesia menjelaskan, bahwa industri otomotif dapat menyumbangkan pergerakan ekonomi di Tanah Air ini menjadi lebih baik di masa sekarang ini. Oleh sebab itu, perlu didukung juga oleh pemangku kepentingan agar terus berkembang.

Canggih melanjutkan, ternyata 90 persen yang ada di Pojok Otomotif itu merupakan pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Kondisi tersebut menjadikan Lazada Indonesia ingin lebih serius membantu memulihkan perekonomian dan memfasilitasi pelaku UMKM di industi otomotif.

Lazada Indonesia luncurkan program Otomotif Anak NegeriLazada Indonesia Lazada Indonesia luncurkan program Otomotif Anak Negeri

"Kita juga tentunya ingin membantu menciptakan pasar yang sehat, di mana permintaan barang yang disediakan para UMKM ini bisa membantu menjawab kebutuhan konsumen di Indonesia. Harga barang yang dipasarkan punya kualitas yang bagus. Kualitasnya global harganya lokal," ujar Canggih di Jakarta, Jumat (10/12/2021).

Program Otomotif Anak Negeri itu sendiri, lanjut Canggih merupakan program yang hadir untuk konsumen, di mana pembeli yang berbelanja di kanal Pojok Otomotif bisa mendapatkan diskon hingga 80 persen untuk suku cadang, dan servis, promo gratis ongkir juga kesempeatan untuk memenangkan unit motor Yamaha tipe Yamaha Gear 125 Standard yang diundi setiap bulan.

Lazada juga memiliki berbagai program pendampingan untuk seller, agar bisa menciptakan produk berkualitas global dengan harga yang kompetitif.

Beberapa di antaranya seperti ‘Raja Spare Part’ dan ‘Ghento King’, dua seller lokal di Pojok Otomotif yang kini berhasil membuat mereknya semakin dipercaya konsumen dan memperluas pasar dengan menjangkau konsumen dari seluruh wilayah di Indonesia, tidak hanya terbatas pada area lokal mereka saja.

"Sejak diperkenalkan, para seller UMKM lokal di Pojok Otomotif banyak memperoleh pelanggan baru. Dari data terlihat pengunjung ke kanal Pojok Otomotif meningkat dua kali lipat dibandingkan tahun lalu, serta ada peningkatan penjualan sebanyak tiga kali lipat di periode September 2021 dibandingkan dengan bulan April di tahun yang sama," ucap dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com