Transformasi Aki Massiv, Daya Starter dan Usia Pakai

Kompas.com - 08/12/2021, 16:57 WIB
Aki Massiv Thunder KOMPAS.com/RulyAki Massiv Thunder
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Sejalan dengan karakteristik penggunaan kendaraan bermotor pribadi di Indonesia, produsen aki dalam negeri, PT Wacana Prima Sentosa melakukan pengembangan pada produk andalannya.

Tidak hanya pada sisi kemasan, beragam teknologi anyar pun disematkan terhadap aki maintenance free (MF) atau dikenal bebas perawatan dengan tingkat TKDN 70 persenan tersebut.

"Salah satu line up-nya ialah Massiv Thunder yang notabene aki MF. Mengingat kebutuhan aki bebas perawatan masih jadi pilihan tepat untuk menunjang mobilitas masyarakat Indonesia," kata Satriawan Agung Prabowo, Pilot Project Massiv Thunder di acara kick off Massif Thunder, Jakarta, Rabu (8/12/2021).

Baca juga: PLN Hadirkan SPKLU Pertama di Kalimantan

Aki Massiv ThunderKOMPAS.com/Ruly Aki Massiv Thunder

Adapun beberapa perubahan yang disemat yakni tagline yang sebelumnya, “Power With Style”, menjadi “Free Your Power”.

Hal ini dimaknai juga dengan kreativitas tanpa batas, berkaitan dengan segala aktivitas berjiwa muda dan enerjik sebagai target pasar perseroan.

Kemudian dari sisi teknis, perubahan terjadi pada peningkatan performa. Ada dua poin, tim riset dan pengembangan Massiv mendongkrak Thunder.

Pertama, Massiv Thunder memiliki daya starter tingggi (High Cranking Ampere) dan usia pakai yang lebih lama sekitar 2 tahunan.

Paling kentara ubahannya yakni desain anyar pelat menggunakan desain Center Lug. Desain ini memungkinkan distribusi arus listrik di dalam baterai lebih baik dan efektif. Hal ini membuat daya starter lebih tinggi ketimbang sebelumnya Side Lug.

“Sementara untuk poin usia pakai lebih lama dikarenakan pengembangan seperti penambahan spesial alloy yang meningkatkan ketahanan terhadap korosi. Massiv menambahkan unsur timah putih (SN) untuk meningkatkan umum pakai baterai,” kata Heru Darmawan, Quality Assurance Department Head PT Trimitra Baterai Prakarsa.

Baca juga: Cegah Balap Liar di Titik-titik Rawan

Kick off Aki Massiv ThunderKOMPAS.com/Ruly Kick off Aki Massiv Thunder

Pun menerapkan teknologi expanded dalam proses pembuatan pelat. Ini juga diaplikasikan saat proses pedinginan (cold process), sehingga struktur kristal timah lebih solid.

Selanjutnya, sambungan antar sel lebih kuat. Proses pembuatan sambungan antar cell (konektor) menggunakan mesin otomatis, small part casting. Sehingga diyakini lebih stabil proses sehingga konektor menjadi lebih kuat dan tahan lama.

Hanya saja aki tersebut baru tersedia di jaringan diler pada akhir Januari 2022 mendatang.

“Puncaknya nanti Februari 2022, aktivitas Kick Off Massiv Thunder bakal dikemas menarik. Sehingga publik bisa mengikuti rangkaian tersebut dan bisa merasakan persembahan kami,” kata Agung.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.