Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Komunitas Bikers Police Owners Group Rayakan HUT Ke-5

Kompas.com - 08/12/2021, 15:29 WIB
M. Adika Faris Ihsan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Komunitas pecinta motor Harley-Davidson tipe Police, Police Owners Group (POG), rayakan ulang tahunnya yang ke-5, Minggu (5/12/2021) di Moto Village, Kemang, Jakarta Selatan.

Turut diundang pula sejumlah komunitas lainnya seperti Harley Owners Group (H.O.G) Anak Elang Jakarta Chapter, H.O.G Nusantara Jakarta Chapter, Kemplo Riders Indonesia, HOGERS Indonesia, Pilotos MC Indonesia, FOC MC Indonesia, Harley-Davidson Club Indonesia (HDCI), HDCI Bekasi, HDCI Jakarta Pusat, HDCI, Blind Eagle MC, Motor Besar Indonesia (MBI), MBI Bogor, Bikers Brotherhood MC, Bikers Brotherhood 1% MC, dan sebagainya.

Dengan tema The 5tory of Glory, rangkaian perayaan ulang tahun ini diawali dengan rolling thunder para riders POG yang mengenakan seragam abu-abu khas kebanggaan POG. Lantas, agenda dilanjutkan dengan pelantikan Dewan Penasihat POG.

 Baca juga: Aerox 155 Edisi Khusus Yamaha x Prostreet Laku dalam 5 Menit

Dewan Penasihat POG yang baru ini diisi oleh Enggartiasto Lukita, Ivan Petrus Sadik, Komjen Pol. (Purn) Drs. Nanan Soekarna, dan Jend. Pol. (Purn) Drs. Roesmanhadi.

Dilakukan juga penyerahan plakat dan pemotongan tumpeng oleh Presiden POG Soni Wibisono, Ketua Dewan Pengawas Rudy Bratanusa, dan Sekjen Rama Pratama.

Perayaan HUT ke-5 Police Owners Group di Moto Village, Kemang, Jakarta SelatanPolice Owners Group Perayaan HUT ke-5 Police Owners Group di Moto Village, Kemang, Jakarta Selatan

Pada HUT yang ke-5 ini, POG sekaligus meresmikan kantor sekretariat baru di Motor Village, Kemang, lokasi yang sama dengan perayaan ulang tahunnya. Sekretariat ini lantas diberi nama Home for POG Enthusiast alias H.O.P.E.

Terdapat pula aktivitas bakti sosial dalam rangkaian perayaan HUT POG ke-5 ini. Dalam keterangannya, Chief National Events POG Ronny Roncho mengatakan sejumlah titik lokasi bakti sosial pada acara tersebut.

 Baca juga: Jangan Kebiasaan Langsung Pindahkan Transmisi dari D ke P di Mobil Matik

"Bantuan sosial akan kami akan salurkan ke tempat yang membutuhkan, seperti hari ini kami berbagi kepada Panti Asuhan An Naba Bintaro, Rumah Qur-An Al Fatih, Pondok Gede, dan Pesantren Kumala Lestari, Cianjur,” ujar Ronny.

Menilik sejarahnya, POG berdiri 5 tahun lalu diinisiasi oleh 8 orang pendiri. President POG Soni Wibisono turut menuturkan, Police Owners Group dibentuk pada Desember 2016 dengan anggota awal berjumlah 20 orang.

Perayaan HUT ke-5 Police Owners Group di Moto Village, Kemang, Jakarta SelatanPolice Owners Group Perayaan HUT ke-5 Police Owners Group di Moto Village, Kemang, Jakarta Selatan

“Alhamdulilah, sekarang POG sudah sangat berkembang, dengan anggota lebih dari 300 orang yang tersebar di seluruh Indonesia, di antaranya Aceh, Padang, Jambi, Palembang, Lampung, Bali, Kalimantan, Sulawesi, seluruh propinsi di Pulau Jawa, hingga Papua. Beberapa kota bahkan sudah mendirikan Squad untuk mewakili daerah, seperti POG Squad Bandung, Bali dan Cirebon.” kata ia lebih lanjut.

 Baca juga: Skutik Honda Scoopy Punya Baju Baru, Harga Masih Sama

Untuk menjadi anggota POG, persyaratannya tentu saja harus memiliki motor Harley-Davidson tipe Police. Ada empat jenis motor Harley-Davidson yang memiliki tipe Police yaitu Electra Glide Police, Road King Police, Dyna dan WL.

POG turut memfasilitasi anggotanya berupa kursus safety riding guna meningkatkan kemampuan berkendara amannya.

Motor Harley-Davidson tipe Police sendiri terhitung jenis yang sulit didapat. Soni mengungkapkan, tipe Police hanya dijual bebas di negara tertentu termasuk Indonesia.

Selain itu, motor ini lebih sering dipasarkan secara khusus untuk aparat penegak hukum atau polisi masing-masing negara.

Ia mengatakan, tidak semua orang yang punya dana cukup bisa memiliki Harley-Davidson tipe Police. Pasalnya, populasi yang langka ditambah motor ini punya waiting list pembeli yang panjang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com