Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Siapa Bilang Moge Harley-Davidson Tidak Bisa Diajak Balapan

Kompas.com - 17/07/2021, 09:12 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Harley-Davidson terkenal sebagai motor gede (moge) yang legendaris. Moge ini terkenal juga dengan model Grand American Touring yang lengkap dengan boks tengah, kanan, dan kiri.

Moge jenis ini memang nyaman untuk digunakan berkendara jarak jauh. Apalagi, posisi berkendaranya yang santai juga sangat mendukung.

Namun, dengan bobot motor yang mencapai 400 kg, bukan berarti motor ini tidak cukup lincah untuk bermanuver di tikungan sirkuit.

Baca juga: Harley-Davidson Sportster S Meluncur, Lebih Bertenaga dan Berotot

Hal tersebut dibuktikan pada ajang balap Battle of the Baggers. Ajang balap ini khusus diikuti oleh moge touring, seperti Road Glide, Street Glide, dan lainnya.

Dengan berbekal mesin Milwaukee-Eight yang memiliki kapasitas 1.868 cc, motor ini tentunya sangat bertenaga. Meski dimensinya terkesan besar, tapi motor ini tetap andal bermanuver.

Battle of the Baggers, ajang balap moge touring di AmerikaDok. MotoAmerica Battle of the Baggers, ajang balap moge touring di Amerika

Selain Harley-Davidson, ada juga Indian Motorcycle. Untuk model yang digunakan, yakni Indian Challenger.

Tentunya, agar nyaman digunakan untuk balapan, ada beberapa penyesuaian yang dilakukan, seperti bentuk jok, footstep, setang, dan lainnya.

Baca juga: Harley-Davidson Pernah Tuntut Honda karena Plagiat

Dikutip dari Visordown.com, Jumat (16/7/2021), tak mudah untuk memacu motor jenis ini dalam kecepatan tinggi dengan kondisi boks atau pannier kanan dan kiri terpasang. Apalagi, saat akan berbelok, tentunya butuh perhitungan matang agar pannier tidak sampai menyentuh aspal.

Untuk balapan ini, mesin yang digunakan adalah V-twin dan harus dibiarkan dalam kondisi standar pabrikan. Namun, tim masih diberikan toleransi untuk melakukan sedikit ubahan agar balapan bisa lebih kompetitif.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com