Impresi Perdana, Ini yang Baru dari Mesin Yamaha R15M

Kompas.com - 08/12/2021, 14:12 WIB
Yamaha R15M KOMPAS.com/ADITYO WISNUYamaha R15M
|

JAKARTA, KOMPAS.com – PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) baru saja meluncurkan All New R15M. Motor sport berkapasitas 155 cc membawa ubahan yang cukup signifikan dibandingkan model sebelumnya.

Bisa dibilang All New R15M merupakan generasi keempat dari R15 yang meluncur secara global, atau model generasi ketiga untuk produk yang hadir di Indonesia.

Dilabeli All New R15 Connected, motor ini diklaim dapat memenuhi kebutuhan konsumen yang menginginkan produk terkini berteknologi teratas yang dilengkapi fitur-fitur modern berkelas.

Baca juga: Pengendara Motor Nekat Melintas di JLNT, Memicu Kecelakaan Mobil

Yamaha R15MKOMPAS.com/ADITYO WISNU Yamaha R15M

Dua varian dihadirkan untuk memenuhi keinginan konsumen, yaitu All New R15M Connected-ABS dan All New R15 Connected Standard, dengan berbagai teknologi yang diadopsi dari motorsport Yamaha.

Bicara soal mesin, R15M masih dibekali dengan mesin 155 cc SOHC 4 klep dan berpedingin cairan. Mesin tersebut menghasilkan tenaga 14,2 kW atau setara 19 tk pada 10.000 rpm dan torsi 14,7 Nm pada 8.500 rpm.

Mesin ini juga masih dikombinasikan dengan teknologi Variable Valve Actuation (VVA), yang memberikan torsi merata di setiap putaran mesin.

Baca juga: PPKM Level 3 Batal, Ini Syarat Perjalanan Saat Libur Nataru

Yamaha R15MKOMPAS.com/ADITYO WISNU Yamaha R15M

Satu hal yang baru dari motor ini, performanya pun disempurnakan dengan penyematan Quick Shifter.

Di mana fitur ini dapat memudahkan pengendara melakukan perpindahan gigi ke atas, tanpa menarik tuas kopling.

Kehadiran fitur ini sekaligus mendukung akselerasi yang maksimal. Namun sayang fitur ini belum tersedia untuk menurunkan gigi.

Selain itu, ada juga Assist & Slipper Clutch akan membuat tarikan kopling lebih ringan. Di mana fitur ini berfungsi untuk mencegah terjadinya selip pada roda belakang saat melakukan engine brake, ketika menurunkan gigi secara cepat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.